Kasus Dugaan Skimming ATM, Polisi Tunggu Laporan Pihak Bank

Kepolisian Daerah (Polda) NTT menunggu laporan dari pihak bank terkait kejahatan skimming yang menimpa nasabah BNI 46 di Kupang, Provinsi NTT.

Kasus Dugaan Skimming ATM, Polisi Tunggu  Laporan Pihak Bank
POS KUPANG/RYAN NONG
Aktivitas transaksi di ATM BNI Cabang Kupang

Kasus Dugaan Skimming ATM, Polisi Tunggu  Laporan Pihak Bank

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Kepolisian Daerah (Polda) NTT menunggu laporan dari pihak bank terkait kejahatan skimming yang menimpa nasabah BNI 46 di Kupang, Provinsi NTT.

Skimming yang menimpa puluhan nasabah BNI 46 itu diketahui sejak Rabu (11/9/2019) malam setelah terjadi transaksi mencurigakan atas rekening nasabah. 

Pihak BNI 46 Kantor Cabang Kupang mengungkapkan bahwa berdasarkan investigasi internal yang dilakukan tim kantor pusat BNI 46, diduga telah terjadi skimming pada puluhan nasabah yang melakukan transaksi ATM di empat ATM di Kota Kupang. 

"Kalau skimming ini masuk kejahatan perbankan atau pencurian data, ini masuk kategori tindak pidana," ujar Direktur Kriminal Khusu Polda NTT Kombes Pol Herry Tri Maryadi SH, MH kepada POS-KUPANG.COM pada Jumat (13/9/9/2019). 

Namun demikian, ia mengaku pihaknya belum mendapat laporan atau aduan baik dari pihak nasabah maupun BNI 46 terkait kasus ini. 

"Kita tunggu laporan dari pihak Bank, kita tidak asal melakukan penyelidikan," katanya. 

Sementara itu, Pemimpin Cabang BNI 46 Kupang I Gede Wirata mengatakan, saat ini pihaknya belum membuat laporan polisi karena harus berkoordinasi dengan kantor pusat di Jakarta. 

"Kita masih koordinasi dengan kantor pusat, kita tunggu arahannya bagaimana," katanya terkait upaya hukum untuk kasus ini. 

Diberitakan sebelumnya, uang dalam rekening milik puluhan nasabah Bank Negara Indonesia (BNI) 46 Cabang Kupang dikuras oknum tak bertanggung jawab. 

Uang yang berada di dalam rekening nasabah itu diketahui "ditarik tanpa sepengetahuan" nasabah melalui penarikan tunai. 

TERBARU! Pengakuan Lengkap Dewi Regina Ano, Ibu Pembunuh Bocah Kembar di Kupang NTT

Puluhan nasabah baru menyadari kondisi tersebut setelah mendapat notifikasi melalui SMS Banking BNI pada kurun waktu Rabu (12/9/2019) malam hingga Kamis (13/9/2019) pagi. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved