Pilih Pengurus Baru, Gapensi NTT Gelar Musda, Ini Persyaratan Calonnya

Untuk pilih pengurus baru, Gapensi NTT gelar Musda, ini persyaratan calonnya

Pilih Pengurus Baru, Gapensi NTT Gelar Musda, Ini Persyaratan Calonnya
POS-KUPANG.COM/KANIS JEHOLA
Ketua Umum Gapensi NTT, Ir. Hidayat Hanas (baju putih); Sekretaris Umum, Ir. Ignasius Fernandez (kiri); Wakil Ketua I yang juga Ketua Panitia Pelaksana Musda, Ir. Vivo Ballo (kedua dari kanan); dan Bendahara, Ir. Henry Gultom, foto bersama di Kantor BPD Gapensi NTT, Rabu (4/9/2019). 

Untuk pilih pengurus baru, Gapensi NTT gelar Musda, ini persyaratan calonnya

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Badan Pengurus Daerah ( BPD) Gapensi NTT menggelar musyawarah daerah ( Musda) ke-9 yang akan berlangsung di Aston Hotel Kupang, Kamis (5/9/2019) mulai pukul 09.00 Wita.

Musda yang dilaksanakan sehari dan akan dibuka Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, itu akan dihadiri peserta dari 18 cabang Gapensi kabupaten/kota di NTT, minus Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Kupang, Kabupaten Malaka, dan Kabupaten Manggarai Timur.

Ini Penyebab Polri Kesulitan Kejar Benny Wenda yang Dituding Moeldoko Dalang Kerusuhan Papua

Selain itu, juga akan dihadiri Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi ( LPJK) Pusat sekaligus akan membawakan materi, serta Ketua Umum dan Sekjen Badan Pengurus Pusat ( BPP) Gapensi.

Wakil Ketua I BPD Gapensi NTT selaku Ketua Panitia Pelaksana Musda ke-9 Gapensi NTT. Ir. Vivo Ballo, kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (4/9/2019), menjelaskan, agenda Musda sesuai AD/ART Gapensi yaitu laporan pertanggung jawaban pengurus BPD Gapensi NTT periode lima tahun sebelumnya, menyusun program kerja dan anggaran pendapatan dan belanja organisasi (APBO) lima tahun yang akan datang, serta pemilihan pengurus baru.

Fakta Benny Wenda, Dituding Dalang Kerusuhan Papua, Relasi OPM, PBB dan Penghargaan Oxford

"Sesuai ketentuan AD/ART, jabatan ketua umum itu dipilih setiap lima tahun sekali dan masa jabatan ketua dibatasi dua periode. Kebetulan Bapak ketua umum lama (Ir. Hidayat Hanas, red) sudah dua periode sehingga dipilih ketua baru," kata Sekretaris Umum BPD Gapensi NTT, Ir. Ignasius Fernandez, diamini Hidayat Hanas dan Vivo Ballo.

Ditanya kandidat calon ketua yang disiapkan untuk dipilih dalam ajang Musda, Ignasius Fernandez menjelaskan, nama-nama calon belum muncul. Sesuai AD/ART, nama calon itu baru akan muncul saat Musda dimulai. "Intinya semua pengurus punya hak yang sama untuk dicalonkan," kata Ignasius Fernandez.

Dikatakannya, ada beberapa persyaratan bagi seseorang untuk dicalonkan menjadi ketua, yakni sudah menjadi pengurus organisasi minimal satu periode; mempunyai kartu tanda anggota (KTA); dan membuat lamaran pada saat pembukaan Musda.

"Mekanisme pemilihan tergantung dari forum yang ada sesuai AD/ART," katanya.
Menurut Ignasius Fernandez, pemilihan formatur berdasarkan suara terbanyak. Ketua formatur yang akan menjadi ketua terpilih. Selanjutnya ketua terpilih bersama anggota formatur yang lain menyusun badan pengurus. (Laporan Reporter Pos-Kupang.Com, Kanis Jehola)

Penulis: Kanis Jehola
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved