Ini Yang Dilakukan BKD Ende Untuk ASN Yang Hendak Pensiun

seperti kemunduran fisik akibat penuaan maupun potensi untuk menderita gangguan dan penyakit.

Ini Yang Dilakukan BKD Ende Untuk ASN Yang Hendak Pensiun
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Para Peserta Sosialisasi Sedang Mengikuti Kegiatan 

Ini Yang Dilakukan BKD Ende Untuk ASN Yang Hendak Pensiun

POS-KUPANG.COM|ENDE-- Dalam rangka meningkatkan pemahaman peserta Taspen tentang hak dan kewajiban terutama bagi PNS yang akan memasuki batas usia pensiun BKD Kabupaten Ende bersama PT Taspen menggelar kegiatan sosialisasi.

Sosialisasi tentang Layanan Perbankan, Ketaspenan dan Workshop Kewirausahaan bagi Aparatur Sipil Negara yang akan memasuki masa pensiun periode Bulan Oktober 2019 sampai dengan Bulan Desember 2020, Rabu (4/9/2019) di Aula Restoran Cita Rasa, Ende.

Wakil Bupati Ende, Drs Djafar Achmad dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Setda Ende, Vitalis Tote mengatakan bagi sebagian orang, memasuki masa purna tugas menjadi momok menakutkan, dimana sudah tidak ada lagi hal-hal yang bisa dilakukan selain hanya berdiam diri dirumah.

Keadaan yang mengharuskan untuk mengurangi kegiatan rutin seperti berangkat kantor pada pagi hari dan baru pulang menjelang sore tentu menjadi kebiasaan yang tidak mudah untuk ditinggalkan,ujarnya.

Selain aktifitas dan kesibukan berinteraksi dengan teman sejawat menjadi berkurang, toleransi terhadap kondisi fisik pun ikut mengalami penurunan, seperti kemunduran fisik akibat penuaan maupun potensi untuk menderita gangguan dan penyakit.

Hal ini berkaitan dengan perubahan status seseorang yang semula pegawai menjadi pensiunan, dimana penurunan pendapataan tentu tidak dapat dihindari sedangkan pengeluaran rumah tangga semakin meningkat dari masa ke masa.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman peserta Taspen tentang hak dan kewajiban terutama bagi PNS yang akan memasuki batas usia pensiun dipandang perlu untuk dilaksanakan sosialisasi . Tabungan dan asuransi pensiun merupakan hal yang melekat pada setiap ASN.

Sejak pertama kali ASN aktif bekerja di suatu instansi dan mendapat gaji, ada sekian persen yang dialokasikan untuk hari tua ketika pensiun, dengan harapan kalau pensiun dapat tabungan pensiun.

Di Hamparan Pantai Waimana, Komunitas Literasi SMPN 1 Lewolema, Flotim ‘Kencani’ Buku

Istri Roger Danuarta Cut Meyriska Digosipkan Hamil Sebelum Nikah, Ternyata Foto Ini Jadi Penyebabnya

Kegiatan sosialisasi ini merupakan wadah yang tepat bagi ASN yang akan mencapai batas usia pensiun Tahun 2019 dan 2020, untuk mengetahui jenis usaha apa yang bisa dilakukan, untuk mengisi masa pensiun, sehingga ada aktivitas yang bisa dilakukan dan bernilai ekonomis. (Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius)n

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved