Komite Sekolah Melekat dengan Lembaga Pendidikan

Komite itu memiliki tanggungjawab yang sama dengan satuan pendidikan yang di dalamnya ada guru

Komite Sekolah Melekat dengan Lembaga Pendidikan
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Yohanes Rumat,S.E 

Komite Sekolah Melekat dengan Lembaga Pendidikan

POS-KUPANG.COM|KUPANG -- Komite sekolah itu merupakan salah satu elemen yang tetap melekat dengan lembaga pendikan atau tidak bisa dipisahkan. Komite itu memiliki tanggungjawab yang sama dengan satuan pendidikan yang di dalamnya ada guru, peserta didik dan orang tua.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi V DPRD NTT, Yohanes Rumat, S.E, Rabu (28/8/2019).

Menurut Yohanes, komite sekolah tidak bisa dipisahkan dari lembaga pendidikan pada setiap tingkatan, yakni mulai dari SD,SMP hingga SMA/SMK.

"Kenapa saya katakan Komite Sekolah juga punya peran yang sama dengan sekolah, karena komite sekolah juga punya tanggung jawab dan tujuan yang sama, yaknk mencerdaskan anak bangsa," kata Yohanes.

Dijelaskan, yang perlu diatur itu adalah batasan bantuan atau sumbangan para pihak yang diterima oleh lembaga pendidikan atau kepala sekolah dan teamnya.

"Tentu di sini butuh transparansi penggunaan keuangan dan nama nomenklatur uang yang kelola oleh lembaga. Jangan terkesan orang tua siswa diperas atau diakali oleh manajemen sekolah untuk meraup keuntungan," katanya.

Oleh karena, lanjut Yohanes, uang -uang yang disumbang juga perlu di audit oleh lembaga independen dan bila perlu Komisi Ombudsman ikut mengawasi penggunaan keuangan komite yang dikumpul dari masyarakat.

Hari Pertama Pembukaan Jambore Pariwisata, Stan Amansel Raup 10 Juta

Pangdam IX Udayana Apresiasi Kenaikan Tingkat RST Wirasakti Kupang

BREAKING NEWS : Lakalantas Tunggal di Nangaroro Nagekeo, 1 Meninggal Dunia 5 orang Luka-Luka

"Sebab, yang terjadi selama ini adanya bupati atau raja kecil di setiap lembaga pendidikan yang mengambil keuntungan yang sangat besar dan bahkan melebihi dana DAK dan DAU dari pemerintah. Karena tidak ada pengawasan tentang uang ini dalam penggunaannya maka disinilah rentan akan korupsi," ujarnya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved