Siswa SD Tewas Saat Kemah Budaya, Begini Penjelasan Kwarda Sumbar

Ada siswa SD tewas saat kemah budaya, begini penjelasan kwarda Sumatera Barat

Siswa SD Tewas Saat Kemah Budaya, Begini Penjelasan Kwarda Sumbar
KOMPAS.com/Dok: Polres Padang Panjang
Tiang sound system pada acara Kemah Budaya Nasional 2019 roboh dan menyebabkan satu peserta tewas dan empat lainnya luka-luka 

Ada siswa SD tewas saat kemah budaya, begini penjelasan kwarda Sumatera Barat

POS-KUPANG.COM | PADANG - Wakil Ketua Kwarda 03 Sumbar, Wahyudi Agus mengatakan, insiden jatuhnya tiang sound system acara Kemah Budaya Nasional (KBN) 2019, terjadi saat geladi pembukaan Kemah Budaya Nasional yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Minggu (25/8/2019).

Sementara untuk acara pembukaan akan dilaksanakan Senin (26/8/2019) yang akan diikuti hampir semua peserta daerah di Indonesia.

Perampok Toko Emas yang Bawa Bom Ditangkap, Pelaku Dilempar Pakai Batako

Wahyudi mengatakan, Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya salah satu peserta karena kejadian itu.

"Kabar duka juga kami terima, bahwa salah satu adik-adik kita yang berpartisipasi menyukseskan KBN X 2019 menjadi korban dan berpulang ke Rahmatullah. Semoga adik kita tersebut diterima di sisi-Nya serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan menghadapi musibah ini," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (25/8/2019).

Video Viral, Pria Gendong Jenazah karena Ambulans Puskesmas Tak Bisa Dipakai, Simak Ceritanya

Dikatakan Wahyudi, Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar selaku Tim Asistensi atau pendamping dalam kegiatan KBN X 2019 berharap, para tetap terlayani dengan baik, meski semua dalam keadaan berduka pascainsiden tersebut.

Pihaknya menyerahkan kasus tersebut kepada pihak kepolisian. "Terkait robohnya tiang sound system itu, kita serahkan ke pihak berwenang untuk penyelesaian lebih lanjut," kata Wahyudi.

Sebelumnya diberitakan kegiatan Kemah Budaya Nasional 2019 yang digelar di GOR Khatib Sulaiman, Padang Panjang, Sumatera Barat berujung petaka.

Saat geladi bersih sebelum pembukaan yang digelar Minggu (25/8/2019) pagi, tiba-tiba tiang sound system acara jatuh dan menimpa lima peserta.

Satu di antaranya meninggal dunia. Korban yang meninggal RRH (12) siswa SDN 03 Guguk Malintang, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar.

Sedangkan empat orang lainnya mengalami luka dan dilarikan ke rumah sakit yaitu Niesya Defina Putri (11 tahun) dan Adina Raisa Claresta (11 tahun) yang juga sebagai murid SDN 03 Guguk Malintang.

Korban lainnya adalah Afrirona (27), staf TU di SDN 03 Guguk Malintang dan Afririani (28), guru honorer di SD tersebut. (Kompas.com/Perdana Putra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjelasan Kwarda Sumbar soal Siswa SD Tewas Saat Kemah Budaya",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved