RSUPP Betun Terbitkan Kartu Identitas Berobat Bagi Masyarakat

RSUPP) Betun menerbitkan Kartu Identitas Berobat (KIB) bagi masyarakat Malaka. Selain menerbitkan KIB, manajemen juga membuka pendaftaran secara onlin

RSUPP Betun Terbitkan Kartu Identitas Berobat Bagi Masyarakat
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
BERI KARTU---Direktur RSUPP Betun, Oktelin Kaswadie menyerahkan Kartu Identitas Berobat kepada pasien, Kamis (22/8/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN----Managemen Rumah Sakit Umum Penyanggah Perbatasan (RSUPP) Betun menerbitkan Kartu Identitas Berobat (KIB) bagi masyarakat Malaka. Selain menerbitkan KIB, manajemen juga membuka pendaftaran secara online bagi masyarakat yang hendak berobat di rumah sakit.

Kartu Identitas Berobat tersebut terbuat dari bahan plastik seperti kartu ATM.Tidak mudah rusak dan gampang dibawa.

Penerbitan KIB model baru tersebut bertujuan untuk mempermudah pelayanan terhadap pasien, terutama saat pendaftaran di rumah sakit.
Hal ini juga menjadi terobosan baru dalam rangka peningkatkan pelayanan dan efisiensi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal ini dikatakan Direktur RSUPP Betun, Oktelin Kaswadie kepada wartawan, Kamis (22/8/2019).
Oktelin mengatakan, dengan memiliki kartu berobat, pasien tidak menunggu lama saat antre di tempat pendaftaran. Lebih mudah lagi ketika pasien sudah mendaftar secara online satu hari sebelumnya menggunakan aplikasi WA, SMS. Pendaftaran online dibuka 24 jam selama hari Senin hingga Sabtu.

"Dengan adanya pendaftaran online, pasien tidak perlu lama mengantri untuk mendaftar. Kalau pasien sudah daftar dari hari sebelumnya maka pada saat berobat pasien datang saja membawa berkas fisiknya dan langsung diperiksa sesuai nomor antrian yg sudah diberikan saat mendaftar secara online. Dan tidak perlu antri mendaftar lagi", jelas Oktelin.

Oktelin mengatakan, penerbitan KIB dan pendaftaran online ini dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Program pendaftaran online tersebut sudah dilaksanakan sejak Juli 2019 lalu.

Persyaratan pendaftaran online rawat jalan di RSUPP Betun menyertakan foto KTP dan atau Kartu Keluarga; Bagi peserta asuransi (BPJS, KIS, ASKES, JAMPERSAL, Swasta, Lainnya) wajib melampirkan foto kartu asuransi.

Bagi yang menggunakan jaminan asuransi dan jaminan E-KTP Malaka wajib melampirkan surat rujukan atau surat kontrol. Bagi peserta lama melampirkan foto Kartu Identitas Berobat (KIB);

Untuk pasien umum atau tidak menggunakan jaminan apapun maka pendaftaran hanya menggunakan foto salah satu identitas dan atau KIB. Pendaftaran berhasil apabila mendapatkan balasan nomor antrian.

Pemerintah Kabupaten Malaka juga berkomitmen membangun sumber daya manusia(SDM) di bidang kesehatan. Khusus tenaga dokter, pemerintah sudah menyekolahkan tiga dokter umum untuk mendapatkan spesialis.

Tahun 2019 Pemkab Malaka sudah mengirim tiga dokter umum untuk belajar di bidang specialis yang dibiayai Pemda Malaka. Dua dokter anestesi dan satu dokter radiologi", kata Oktelin, Sabtu (24/8/2019).

Menurut Oktelin, masalah SDM di bidang kesehatan terus menjadi perhatian pemerintah di masa kepemimpin Bupati Stefanus Bria Seran. Upaya yang dilakukan antara lain menyekolahkan tenaga dokter umum untuk mendapat pendidikan spesialis. Selain itu, memberikan kesempatan bagi tenaga medis yang lain mengikuti pelatihan, bimtek dan studi banding. (jen/Adv).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved