20 ABK KM Mina Sejati Korban Pembantaian Belum Ditemukan, Ini yang Dilakukan Perusahaan

20 ABK KM Mina Sejati korban pembantaian Belum ditemukan, ini yang dilakukan perusahaan

20 ABK KM Mina Sejati Korban Pembantaian Belum Ditemukan, Ini yang Dilakukan Perusahaan
KOMPAS.com/RAHMAT RAHMAN PATTY
Sejumlah ABK KM Mina Sejati saat dievakuasi dengan menggunakan Speedboat dari KRI Teluk Lada untuk dibawa ke Pelabuhan Dobo, Kepulauan Aru, Selasa (20/8/2019). 

20 ABK KM Mina Sejati korban pembantaian Belum ditemukan, ini yang dilakukan perusahaan

POS-KUPANG.COM | AMBON - Perusahan pemilik Kapal Motor (KM) Mina Sejati akan mengerahkan sebuah kapal miliknya untuk membantu operasi pencarian terhadap 20 ABK korban pembantaian dan juga 3 pelaku yang saat ini belum diketahui nasibnya.

"Besok kapal sudah dikirim untuk mencari KM Mina Jaya, kapalnya dari perusahaan juga," kata perwakilan pemilik KM Mina Sejati di Dobo, Koko Rianto kepada Kompas.com, Minggu (25/8/2019).

Harga Emas Naik Anggota DPRD Kota Kupang Belum Bisa Terima Pin Emas

Dia menjelaskan, pencarian terhadap 20 ABK yang masih hilang dan juga tiga pelaku pembantaian yang belum diketahui keberadaannya itu akan dilakukan bersama dengan personel Polairud setempat.

"Nanti pencarian dilakukan bersama dengan Polair," ujarnya.

Koko mengatakan, operasi pencarian akan difokuskan di sekitar lokasi tenggelamnya kapal tersebut. Dia pun berharap agar operasi pencarian nanti akan mendapatkan titik terang sehingga para ABK yang masih hilang itu dapat segera ditemukan.

Emanuel Kolfidus: Pin Emas Melekat Tanggung Jawab Jabatan DPRD

"Semoga saja nanti ada tanda baik ya sehingga seluruhnya bisa ditemukan," harapnya.

Selain dengan pihak perusahan, Polres Kepulauan Aru juga telah berkoordinasi dengan PSDKP dan juga Pangkalan TNI AL di Aru untuk proses pencarian para korban.

Insiden perkelahian yang berujung pada aksi pembantaian di KM Mina Sejati terjadi pada Sabtu (17/8/2019) saat kapal tersebut sedang berada di perairan Kepulauan Aru.

Dari total 36 ABK dan nakhoda di atas kapal tersbut, baru 13 orang yang ditemukan, sedangkan 23 ABK lainnya hingga kini belum diketahui nasibnya.

Dari 13 ABK yang ditemukan itu dua di antaranya tewas, sedangkan 11 ABK lainnya selamat setelah mereka memilih melompat ke laut hingga ditolong KM Gemilang Samudera. Saat ini para ABK selamat itu sementara berada di Polres Kepulauan Aru untuk dimintai keterangan terkait insiden tersebut. (Kompas.com/Rahmat Rahman Patty)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perusahaan Datangkan Kapal Cari Korban Pembantaian KM Mina Sejati", https://regional.kompas.com/read/2019/08/25/18 420281/perusahaan-datangkan-kapal-cari-korba n-pembantaian-km-mina-sejati.

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved