Tim Undana Kupang Perkenalkan Pola Pembuatan Paving Block dari Bahan Baku Sampah

Tim Undana Kupang perkenalkan pola pembuatan Paving Block dari bahan baku sampah

Tim Undana Kupang Perkenalkan Pola Pembuatan Paving Block dari Bahan Baku Sampah
POS-KUPANG.COM/Edi Hayong
Rektor, Prof. Ir. Fred Benu ketika menunjukan peralatan dan hasil pembuatan pavling block dan papan dari sampah plastik kepada Wabup, Jerry Manafe di Kupang Timur, Kamis (22/8/2019) 

Tim Undana Kupang perkenalkan pola pembuatan Paving Block dari bahan baku sampah

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Tim khusus dari Undana Kupang yang dibawa Rektor, Prof. Ir. Fred Benu, memperkenalkan pola pembuatan paving block dan papan yang bahan baku dari sampah.

Kerjasama antara Undana dan Pemkab Kupang ini sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi khusus bidang pengabdian.

UTD PMI Mati Suri RSUD SoE Kesulitan Pasokan Darah

Dengan memanfaatkan sampah plastik khususnya diharapkan dalam memberikan manfaat ekonomi bagi warga.

Disaksikan POS-KUPANG.COM, Kamis (22/8/2019), untuk implementasi pengerjaan pavling block dan papan dari bekas sampah, dilakukan sosialisasi bersama. Kegiatan dibuka Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dan dihadiri 7 camat (Kupang Tengah, Kupang Timur, Takari, Amfoang Barat Daya, Amabi Oefeto, Sulamu) juga kepala desa, kepala sekolah.

Rektor Undana, Prof. Ir. Fred Benu dalam arahannya mengatakan, pihaknya menjalin kerjasama dengan Pemkab Kupang ini sebagai implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) khusus poin pengadian.

Cegah Terorisme di Daerah, Ini yang Dilakukan BNPT dan FKPT NTT

Dirinya menegaskan bahwa Universitas bukan memposisikan diri seperti menara gading. Maksudnya dengan kesiapan SDM di PT yang menguasai Iptek harus bermanfaat bagi warga.

"Kami tidak bisa duduk di kampus saja tapi ke warga. Makanya kami melakukan penelitian mencoba bersama warga perangi sampah agar lingkungan bersih. Kita sosialisasi teknologi ini agar diketahui apa bermanfaat atau tidak. Kita seemua kumpulkan sampah menghasilkan paving block untuk fasilitas publik," katanya.

Dirinya mengusulkan agar dana desa dikelola bumdes untuk mengelola pembuatan pavling block dan papan dari bekas sampah ini. Jika ini disahuti dengan baik maka persoalan sampah dapat diatasi.

"Untuk kualitas sangat baik. Karena pola pembuatan dibakar maka pemadatannya juga sangat baik," kata Benu.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe saat membuka kegiatan dimaksud mengapresiasi positif kemauan baik Undana dalam upaya memanfaatkan bekas sampah jadi bahan bermanfaat.

"Apa yang dikerjakan ini sangat bermanfaat. Saya ajak kita semua tangkap peluang ini. Kami berterima kasih karena Kabupaten Kupang bisa jadi pilot project untuk dicontohi. Dana desa bisa digunakan untuk pekerjaan ini," kata Jerry.

Untuk langkah awal, kata Jerry, uji coba yang akan dilakukan nanti baru disiapkan 10 peralatan. Prioritas utama ini pada dua kecamatan yakni Kupang Timur dan Kupang Tengah.

"Nanti kita akan lihat dalam sebulan kedepan. Saya akan turun lihat sejauhmana hasil kerjanya. Untuk kecamatan lain akan menyusul dan diharapkan langkah ini harus dilaksanakan secepatnya. Kalau kualitas tidak diragukan dan ini bagus sekali," katanya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved