Hilda Riwu Kore Ikut Berlayar dalam Lomba Perahu Hias

Ketua Tim Penggerak PKK, Kota Kupang, Hilda Riwu Kore ikut berlayar dalam lomba Perahu Hias bertajuk Ayo Cintai Laut dari Pantai Namosain

Hilda Riwu Kore Ikut Berlayar dalam Lomba Perahu Hias
POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti
Ketua Tim Penggerak PKK Hilda Riwu Kore ikut berlayar dalam lomba perahu hias dari Pantai Namosain ke Pantai Pasir Panjang, Kota Kupang, Senin (19/8/2019). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Ketua Tim Penggerak PKK, Kota Kupang, Hilda Riwu Kore ikut berlayar dalam lomba Perahu Hias bertajuk Ayo Cintai Laut dari Pantai Namosain ke Pantai Pasir Panjang, Kota Kupang, Senin (19/8/2019).

Hilda menggunakan perahu karet bersama sejumlah staf dari Dinas Pariwisata Kota Kupang dan anggota Basarnas menggunakan perahu karet. Istri Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore ini ikut berlayar karena ini ingin menyaksikan dari dekat jalannya lomba perahu hias tersebut.

92 Tim Ikut Karnaval Budaya Pemprov NTT di Kota Kupang

Sebelum berlayar dari titik start, Pantai Namosain, Hilda melambaikan tangan sembari tersenyum kepada warga dan pengunjung yang menonton dari pesisir pantai. Peserta lomba berlayar sekitar pukul 11.00 Wita diawasi oleh tim Basarnas.

Sebanyak 100 parahu yang sudah didandani dengan bendera merah putih dan kain tenun daerah NTT yang berlaga dalam ajang lomba perahu hias bertajuk Ayo Cintai Laut tersebut.

Lomba dibuka oleh Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore. Dalam sambutannya Jefri mengapresiasi panitia terutama Dinas Pariwisata yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Begini Suasana Persiapan Peserta Karnaval Budaya Pemprov NTT di Kota Kupang

Menurutnya, lomba tersebut sangat menarik karena mendukung pengembangan pariwisata di Kota Kupang. Untuk itu, lanjutnya, ke depan kegiatan ini akan dibuat lebih meriah.

Lomba ini diadakan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI dan menyambut dua tahun masa kepemimpinan Jefri Riwu Kore dan Herman Man sebagai Wali Kota Kupang dan Wakil Wali Kota Kupang.

Selain perahu, para peserta lomba, dari masing-masing tim pun tampil rapi dan elegan mengenakan pakian adat daerah. Keindahan perahu dan penampilan peserta menjadi daya tarik pagi para warga dan pengunjung dari luar Kota Kupang yang saat ini kebetulan berada di Kota Kupang. Mereka pun asyik mengambil gambar menggunakan kamera handphone.

Lomba ini merupakan pertama kalinya diadakan di Kota Kupang oleh Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pariwisata Kota Kupang. Lomba ini akan dibuka oleh Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore.

Pantia Pelaksana lomba, Pommy Odja, kepada POS-KUPANG.COM, menjelaskan, lomba ini kental akan nilai budaya dan kesenian daerah NTT.

Menurutnya hal itu akan nampak dalam riasan perahu yang menampilkan unsur artistik dan budaya multi etnis NTT. "Itu menjadi salah satu kriteria penilaian. Makanya dalam lomba ini kita libatkan praktisi seni. Jadi, kendati kompetisi, tapi lomba ini dijamin akan sangat menghibur," jelasnya.

Ia mengatakan, sesuai dengan tema lomba 'Ayo Cintai Laut Kupang' lomba ini merupakan ajakan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan alam laut, salah satunya dengan tidak membuang sampah ke laut.

Menurutnya, lomba perahu hias, memiliki unsur seni dan sangat menghibur sehingga berpeluang besar untuk dikembangkan dan dapat mendukung pengembangan pariwisata di Kota Kupang.

Para peserta wajib mendekorasi perahu masing-masing dengan nuansa kemerdekaan dan budaya multi etnis. "Sehingga juri dalam lomba ini ada yang dari praktisi kesenian, karena punya nilai artistik. Jadi ini akan menjadi tontonan yang menarik," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved