Paskibraka

Kejutan HUT Ke-74 RI, Tiga Kantor Dinas Dapat Penghargaan Kantor Terkotor dari Bupati Lembata

Kejutan dari Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur diberikan kepada tiga kantor dinas dengan predikat terkotor

Kejutan HUT Ke-74 RI, Tiga Kantor Dinas Dapat Penghargaan Kantor Terkotor dari Bupati Lembata
RIKARDUS WAWO
Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur dan Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday menyerahkan sertifikat penghargaan kantor terkotor di Kabupaten Lembata, Sabtu (17/8/2019). 

Kejutan HUT Ke-74 RI, Tiga Kantor Dinas Dapat Penghargaan Kantor Terkotor dari Bupati Lembata

POS-KUPANG.COM-LEWOLEBA-Kejutan dari Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur diberikan kepada tiga kantor dinas dengan predikat terkotor di lingkup pemerintah Kabupaten Lembata usai upacara HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Tiga kantor dinas yang mendapat sertifikat penghargaan dengan predikat kantor terkotor di lingkup pemerintahan Kabupaten Lembata itu adalah Kantor Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kantor Kesbangpol dan Kantor Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan Kabupaten Lembata.

Piagam penghargaan ini diserahkan langsung oleh Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur dan Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday kepada Plt Kepala Kesbangpol, Silvester Samun, Kepala Dinas PUPR, Paskalis Tapobali dan Kepala Dinas Sosial dan PMD, Aloysius Buto.

Perihal penghargaan kantor terkotor ini, Bupati Sunur menjelasakan selama kurang lebih tiga bulan ini secara rahasia dan tanpa diketahui banyak orang, dia mengirim orang khusus yang tugasnya memantau kebersihan setiap kantor dinas yang ada di Lembata.

"Tahun depan dalam sambutan langsung saya nyatakan supaya semua kantor bersih luar dalam. Ada orang yg saya kirim untuk lihat kebersihan, terima tamu yang baik, parkiran, debu di kantor," jelas Bupati Sunur usai upacara HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kantor Bupati, Sabtu (17/8/2019)

"Kepala OPD yang inovasi juga tidak akam dipindahkan. Ini kantor yang terkotor. Jadi ini kejutan. Nanti setiap bulan di apel 17 Agustus kita umumkan kantor yang terkotor. Nanti akumulasi dari nilai ini diumumkan di tanggal 17 Agustus."

Menurutnya tidak ada tim khusus yang dibentuk tetapi ada orang yang ditugaskan khusus. Bahkan para ASN juga tidak tahu soal penilaian khusus.

Kepada para pegawai di masing-masing instansi, dia mengingatkan agar selalu menjaga kebersihan kantor, toilet dan ramah dalam melayani masyarakat yang datang serta tidak ada pungutan liar kepada masyarakat yang mau mengurus izin di kantor.

"Semua tamu yang datang itu harus dilayani dengan baik. Nanti ada penilaian selama setahun ini."

Penghargaan kantor terkotor ini, lanjutnya, juga sebagai motivasi bagi para kepala dinas dan stafnya supaya peka dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Jadi Pembawa Bendera di HUT RI ke-74 di Istana Negara, Inilah 5 Fakta Salma El Mutafaqqiha

HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Malaka Dimeriahkan Drumband SMAN Harekakae

VIDEO: Paskibra di Alun-alun Rujab Gubernur NTT Tampilkan Formasi Komodo. Ini Videonya

Kepala Dinas PUPR dan Perhubungan Kabupaten Lembata, Paskalis Tapobali, ditemui usai penyerahan sertifikat, mengatakan penghargaan predikat kantor terkotor ini jadi salah satu bentuk motivasi bagi para pimpinan OPD dan pegawai lainnya untuk tetap menjaga kebersihan di mana saja termasuk di lingkungan kantor tempat mereka bekerja.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved