Huawei Masuk Daftar Hitam Amerika Serikat, Raksasa Teknologi China Luncurkan Sistem Saingan Android

Setelah masuk daftar hitam di Amerika Serikat, Huawei, raksasa teknologi asal China, kini resmi meluncurkan sistem operasinya sendiri

Huawei Masuk Daftar Hitam Amerika Serikat, Raksasa Teknologi China Luncurkan Sistem Saingan Android
Forbes.com
Huawei - Hongmeng - Harmony OS 

Huawei Masuk Daftar Hitam Amerika Serikat, Raksasa Teknologi China Luncurkan Sistem Saingan Android

POS-KUPANG.COM, HONGKONG - Setelah masuk daftar hitam di Amerika Serikat, Huawei, raksasa teknologi asal China, kini resmi meluncurkan sistem operasinya sendiri, yang diberinama Harmony alias Hongmeng dalam bahasa China.

"Harmony atau Hongmeng dalam bahasa China sama sekali berbeda dari sistem operasi Android dan iOS," kata CEO Bisnis Konsumen Huawei, Richard Yu, dikutip CNN, Selasa (13/8/2019).

Adapun sistem operasi ini diluncurkan karena perusahaan tersebut telah dikecam menggunakan sistem operasi perangkat lunak dari Negeri Paman Sam sejak perang dagang berkecamuk.

Pun digadang-gadang menjadi sebuah langkah yang dapat melindungi pembuat smartphone asal China karena perang dagang yang tensinya terus meningkat.

Richard Yu mengatakan, sistem operasi miliknya ini siap digunakan kapan pun jika AS benar-benar menghentikan sistem operasi Android-nya di tipe ponsel terbaru Huawei. Artinya, untuk saat ini Huawei bakal terus menggunakan Android jika penghentian belum dilakukan.

"Kami akan beralih ke sistem Harmony ketika kami tidak dapat menggunakan Android. Tidak terlalu sulit untuk bermigrasi dari Android ke sistem Huawei sendiri," kata dia.

Ilustrasi gambar ponsel Huawei dengan OS Harmony
Ilustrasi gambar ponsel Huawei dengan OS Harmony (LetsGoDigital)

Nantinya, Harmony akan ditempatkan pertama kali di jam tangan pintar Huawei, layar pintar, speaker pintar, dan perangkat lainnya termasuk ke sistem kendaraan. Perangkat yang didalamnya menggunakan perangkat Harmony akan saling terintegrasi satu sama lain.

"Sistem operasi akan bersumber terbuka," kata Yu.

Sebagai informasi, Huawei adalah raksasa ponsel asal China yang menempatkan posisi kedua dalam penjualan global di belakang Samsung.

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved