Renungan Harian Protestan Senin 12 Agustus 2019, 'Jangan Ajar Ikan Memanjat dan Kera Menyelam'

Renungan Harian Protestan Senin 12 Agustus 2019, 'Jangan Ajar Ikan Memanjat dan Kera Menyelam'

Renungan Harian Protestan Senin 12 Agustus 2019, 'Jangan Ajar Ikan Memanjat dan Kera Menyelam'
Dok Pribadi/Mesakh A.P. Dethan
Pdt. Dr. Mesakh A.P. Dethan, MTh, MA 

Renungan Harian Kristen Protestan
Selasa 12 Agustus 2019
Oleh: Pendeta Dr. Mesakh A.P. Dethan, MTh, MA

--

Temukan Potensi Anak, Ibarat Jangan Ajar Ikan Memanjat dan Kera Menyelam!

Apakah ada orang tua yang menginginkan anaknya menjadi orang jahat? Saya kira tidak. Dan apakah ada orang tua yang membuang anaknya, kalau anak itu “otaknya bodoh”? Saya kira juga tidak. 

Apakah ada orang tua yang bangga kalau anaknya berhasil. Saya yakin pasti ada. Malahan banyak orang tua yang saking bangganya cerita pada semua sahabatnya dan bahkan bila perlu muat di status media sosial seperti FB, Instagram, Twitter, etc.

Bagaimanakah sesungguhnya yang akan kita lakukan, jika tanpa kita ingini memiliki anak yang menurut orang lain, menurut para guru dan teman-teman di sekolahnya “dianggap bodoh”.

Jika kita mengalami ini, maka kita bisa belajar dari kisah ini.

Alkisah ada sebuah keluarga kecil di Milan, Ohio Amerika Serikat. Peristiwa ini terjadi ratusn  tahun yang lalu. Keluarga kecil adalah keluarga Edison, yang mempunyai seorang anak lelaki kecil yang bernama Thomas Alva Edison (11 Februari 1847-18 Oktober 1931) yang selalu mendapat nilai buruk di sekolahnya.

Ia sering diolok oleh temanya dan dihukum oleh gurunya. Bukan karena sering terlambat masuk di kelas, tetapi karena ia tidak mampu mengikuti pelajaran di kelas sebagaimana anak-anak normal lainnya. Hampir semua nilai pelajarannya adalah buruk. Ia menjadi bulan-bulanan bully di kelasnya.

Para gurunya juga bukan hanya capai menghukumnya, tetapi juga sudah kehabisan akal untuk bagaimana membuatnya “cerdas” menurut ukuran kelas pendidikan waktu itu.

Halaman
1234
Editor: Eflin Rote
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved