Luar biasa. Deni Haba Ciptakan Terobosan Cafe dan Bar Berjalan

-Kehadiran pantai wisata Sulamanda (sudah lama menanti anda, Red) sejak booming 2018, arus kunjungan warga terus melonjak. Banyak terobosan dilakukan

Luar biasa. Deni Haba Ciptakan Terobosan Cafe dan Bar Berjalan
Ket foto : Edi Hayong
Deni Haba (bermain gitar) dengan latar belakang mobil Deha Cafe and Bar berjalan di pantai Sulamanda, Minggu (4/8/2019) 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I OELAMASI--Kehadiran pantai wisata Sulamanda (sudah lama menanti anda, Red) sejak booming 2018, arus kunjungan warga terus melonjak. Banyak terobosan dilakukan pelaku usaha masuk ke area ini untuk memperkenalkan hasil karya. Salah satunya Deni Haba, putra politisi PDIP NTT, almarhum Anton Haba.

Deni Haba dengan kreatifitasnya, menyulap mobil bekas miliknya yang sudah tidak digunakan sejak 2007 untuk lebih difungsikan. Mobil jenis fan itu kemudian difungsikan sebagai kendaraan mobile kapanpun. Ada cafe and bar juga music mini yang siap digunakan pada setiap momen apapun.

Deni Haba ketika ditemui Wartawan di kawasan pantai Sulamanda, Desa Mata Air, Minggu (4/8/2019) menceritrakan ide membuat cafe and bar mini yang diberi nama Deha Cafe itu. Nama Deha merupakan singkatan dari namanya sendiri.

Berlatar belakang kontraktor, demikian Deni, dirinya memang kadang jenuh dengan pekerjaan yang digelutinya. Mengobati kejenuhannya, Deni kemudian berpikir untuk memperbaiki mobil yang sudah sejak 2007 tidak difungsikan.

"Awalnya saya berencana mobil ini saya buatkan aneka warna. Tapi saya berpikir, mobil ini harus memberi manfaat. Maka saya kemudian memperbaiki. Baru dua minggu ini ide untuk jadikan untuk mobile. Setelah jadi saya beri nama Deha Cafe. Mobil Cafe and Bar berjalan. Jadi sistem mobile kapanpun jika ada even," kata Deni.

Menurutnya, sebagai generasi muda dirinya mau memberi contoh kepada generasi muda lainnya. Bahwa potensi di dalam diri perlu ditunjukan dengan kreatifitas yang bisa "dijual" ke luar.

"Kita punya potensi wisata Sulamanda. Kami generasi muda Desa Mata Air ikut andil dengan cara kami untuk promosikan. Hasil modifikasi mobil ini saya manfaatkan dengan menjual minuman dan makanan cepat saji. Selain itu kami sediakan pula music dan gitar bagi siapa saja yang mau mainkan di tempat," jelas Deni.

Kepala Desa Mata Air, Benyamin Kanuk sangat bangga dengan kreatifitas yang dibuat Deni Haba. Dirinya meyakini ada potensi generasi muda di wilayahnya perlahan-lahan akan muncul. Deni Haba sudah menunjukan langkah awal dan akan bertumbuh lagi bakat berikutnya dari anak-anak di desa ini.

"Wadah lokasi wisata sudah ada tinggal sekarang kemauan baik dari anak muda untuk tunjukan karya. Pantai Sulamanda kini sudah jadi ikon wisata di Kabupaten Kupang. Arus kunjungan pada hari sepi saja mencapai 200 orang per hari. Saat liburan bisa mencapai 500-an orang," kata Beni. (*)

 
 

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved