Kedutaan Besar RI Pulangkan Dua Jenazah Mahasiswa Indonesia yang Tenggelam di Sungai Nil

Kedutaan Besar RI pulangkan dua jenazah Mahasiswa Indonesia yang Tenggelam di Sungai Nil

Kedutaan Besar RI Pulangkan Dua Jenazah Mahasiswa Indonesia yang Tenggelam di Sungai Nil
Indra Akuntono/KOMPAS.com
Helmy Fauzi, seusai dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Arab Mesir, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (25/2/2016). 

Kedutaan Besar RI pulangkan dua jenazah Mahasiswa Indonesia yang Tenggelam di Sungai Nil

POS-KUPANG.COM - Dua jenazah mahasiswa Universitas Al Azhar Mesir asal Indonesia yang tewas tenggelam di Sungai Nil pada 29 Juli 2019 akan dipulangkan Kedutaan Besar RI di Mesir ke Tanah Air.

"KBRI Cairo telah menyampaikan berita duka tersebut kepada keluarga almarhum kedua mahasiswa, yang meminta jenazah untuk dapat dipulangkan ke Indonesia," ucap Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Arab Mesir, Helmy Fauzy, melalui keterangan tertulis, Minggu (4/8/2019).

Di Era SBY 10 Tahun Oposisi, tak Punya Menteri, PDI-P Bisa Sukses, Hasto: Ini Kuncinya

Jenazah Morning Muchammad Mutawakkil Alalloh (Akil) dan Ainur Rohman telah diberangkatkan dari Mesir pada Sabtu (3/8/2019) sore waktu setempat.

Rencananya, jenazah akan diberangkatkan ke Jawa Timur yang merupakan rumah mereka pada Minggu (4/8/2019).

Menurut Helmy, Indonesia telah berterima kasih kepada Badan SAR Mesir yang telah membantu hingga akhirnya menemukan jenazah Akil dan Ainun.

DPRD NTT Minta Semua Pihak Dukung Proyek Jalan Waijarang-Wulandoni

"Kami berterima kasih kepada Tim SAR Mesir yang telah membantu melakukan pencarian atas jasad WNI yang menjadi korban tenggelam ini," kata Dubes Helmy.

KBRI Kairo telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, pihak keluarga dan instansi terkait lainnya untuk pengantaran jenazah hingga ke kediaman orangtua mereka.
Peristiwa tenggelamnya Akil dan Ainun terjadi pada 29 Juli 2019 sekitar pukul 14.56 waktu setempat di kawasan Qanater, Provinsi Qalyubia, Mesir.

Keduanya saat itu tengah berlibur. Akil mencoba berenang ke tengah sungai. Ainun yang berusaha menyelamatkan Akil kemudian ikut menjadi korban tengelam.

Menurut Kantor Kepolisian Qanater dan Tim SAR Qalyubia, Akil tenggelam lantaran kemampuan berenangnya kurang baik.

Jenazah Akil ditemukan oleh warga setempat yang berada 4 km dari lokasi kejadian pada tanggal 30 Juli 2019. (Kompas.com/Bayu Galih)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dua Jenazah Mahasiswa Indonesia yang Tenggelam di Sungai Nil Dipulangkan",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved