Atasi Kekeringan di Kolbano,TTS-NTT, Pemerintah Bantu Sumur Bor

Pemerintah bantu atasi kekeringan di Kolbano, Kabupaten TTS dengan membangun sumur bor. Pembangunan sumur bor di wilayah kekeringan sesuai data keke

Atasi Kekeringan di Kolbano,TTS-NTT, Pemerintah Bantu Sumur Bor
istimewa
Pengukuran lokasi untuk pembangunan sumur bor di wilayah Kolbano, Kabupaten TTS

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Ferry Ndoen

POS KUPANG.COM, KUPANG -Pemerintah membantu mengatasi kekeringan dengan membangun sumur bor di wilayah Kolbano, Kabupaten TTS. Pembangunan sumur bor di wilayah kekeringan  tersebut sesuai data kekeringan yang diterbitkan BMKG serta dukungan data kekeringan Badan Pusat Statistik (BPS) prioritas I.

Kepala Satker SNVT ATAB Nusa Tenggara I, Provinsi NTT, pada Baku Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWS NT II), Pahlawan Perang, ST, MT melalui  PPK Air Tanah dan AIr Baku, Thomsos A Toelle, SST, saat diwawancarai wartawan Pos Kupang.com, di Kantornya,  JUmat (2/8/2019) menjelaskan,  selain bantuan serta dukungan pemerintah pusat melalui anggaran/dana kekeringan untuk membangun sumur bor di Kolbano-TTS, pemerintah melalui dana reguler APBN 2019 juga membangun sumur bor di wilayah terdampak kekeringan, yakni di Kiuamasi, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, juga di wilayah Manubelon, Kecamatan Amfoang Barat Daya, serta di Desa Bena, Kecamatan Amanuban Selatan, KabupatenTTS.

"Pemerintah intervensi dengan membangun sumur bor untuk membantu kebutuhan air bersih dan air baku masyarakat di wilayah yang mengalami kekeringan. Dan pembangunan sumur bor ini juga sesuai permintaan masyarakat dan bersinergis dengan data  kekeringan yang diterbitkan Badan Pusat Statistik," tegas Sonny.

Pria murah senyum dan humoris ini lebih jauh menjelaskan, data kekeringan yang diterbitkan BPS ada yang skala prioritas I dan II.

"Tugas pemerintah melalui instansi teknis membantu membangun sumur bor untuk menopang kebutuhan air bersih masyarakat sesuai dengan ketersedian anggaran dan skala prioritas," ujarnya.

Tentang dukungan pemerintah pusat, Sonny mengakui ada pekerjaan sumur bor di wilayah Kolbano. "Kita akan membangun 1 hidran umur di sekitar daerah wisata di Pantai Kolbano, juga satu HU di Kantor Polsek setempat dan satu HU di depan jalan masuk Dermaga Kolbano," paparnya.

Terkait pekerjaan reguler menggunakan dana APBN 2019, Sonny mengakui ada 21 titik yang dikerjakan pemerintah pusat cg Kementerian PUPR, BWS NT II  dan pekerjaan ini menyebar di wilayah Pulau Timor, Sabu Rote dan ALor.

Sonny merinci, di Kota Kupang 2 titik pembangunan sumur bor, di  Kabupaten Kupang 4 titik, Kabupaten TTS 2 titik, Kabupaten TTU 2 titik, Kabupaten Belu 1 titik, Kabupaten Malaka 2 titik, Rote Ndao 4 titik, Kabupaten Sabu Raijua 2 titik dan Kabupaten ALor 2 titik sumur bor. (fen)

  

Tim Bappenas dan BWS NT II saat meninjau sumur bor, di Petleng, Kabupaten ALor
Tim Bappenas dan BWS NT II saat meninjau sumur bor, di Petleng, Kabupaten ALor (istimewa)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved