KPU Segera Tetapkan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih, Siapa Saja yang Lolos?

KPU segera tetapkan kursi Parpol dan Caleg terpilih, siapa saja yang lolos?

KPU Segera Tetapkan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih, Siapa Saja yang Lolos?
KOMPAS.com/FITRIA CHUSNA FARISA
Komisioner KPU Ilham Saputra di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/3/2019). 

KPU segera tetapkan kursi Parpol dan Caleg terpilih, siapa saja yang lolos?

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) akan melakukan penetapan kursi partai politik dan calon legislatif DPR RI setelah Mahkamah Konstitusi ( MK) membacakan putusan sengketa hasil pileg.

Menurut Komisioner KPU Ilham Saputra, pihaknya akan lebih dulu menetapkan perolehan kursi parpol, baru kemudian menetapkan caleg terpilih.

Waketum Gerindra Arief Poyuono Bertemu Moeldoko, Apa yang Dibahas?

"Prinsipnya adalah, setelah MK memutuskan kita tetapkan kursinya dulu, baru orang yang menduduki kursi itu siapa saja. Jadi dalam satu pleno itu kita akan umumkan dua itu, kursi dan manusia yang isi kursi," kata Ilham di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019).

Ilham mengatakan, proses penetapan kursi partai politik dan calon legislatif terpilih akan dilakukan secara terbuka. KPU akan menggunakan metode sainte lague untuk mengonversi suara menjadi kursi.

Siapa Berpeluang Gantikan Megawati Pimpin PDI-P, Puan Maharani atau Prananda Prabowo?

Metode sainte lague membagi jumlah suara tiap partai di suatu dapil dengan empat angka konstanta sesuai rumus. Setelah itu hasilnya diperingkat sesuai dengan jumlah kursi dalam suatu dapil. Jika jumlah kursi di dapil tersebut 10, akan dibuat 10 urutan.

"Kita umumkan per dapil. Kalau tidak ada kasus ya mereka (yang lolos ke DPR) bisa segera ditetapkan," kata Ilham.

Adapun Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang pembacaan putusan sengketa hasil pemilu legislatif pada 6-9 Agustus 2019.
Saat ini, Majelis Hakim MK masih melakukan rapat permusyawaratan hakim (RPH) untuk menentukan sengketa yang diloloskan dan tidak. (Kompas.com/Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPU Akan Tetapkan Kursi Parpol, Dilanjutkan Penetapan Caleg Terpilih",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved