Banyak TKI Asal Ende Tidak Mengikuti Prosedur Resmi

Kebanyakan dari tenaga kerja asal Kabupaten Ende yang bekerja di luar negeri maupun ke luar daerah dalam wilayah negara tidak mengikuti prosedur

Banyak TKI Asal Ende Tidak Mengikuti Prosedur Resmi
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Peserta Rapat Teknis Pembentukan Kelompok Kerja Pelayanan Terpadu Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dan Tenaga Kerja Antar Daerah Tingkat Kabupaten Ende Tahun 2019, Kamis (1/8/2019) di Aula Disnaker Ende. 

Banyak TKI Asal Ende Tidak Mengikuti Prosedur Resmi

POS-KUPANG.COM|ENDE--Kebanyakan dari tenaga kerja asal Kabupaten Ende yang bekerja di luar negeri maupun ke luar daerah dalam wilayah negara tidak mengikuti prosedur resmi sesuai aturan yang berlaku.

Wakil Bupati Ende, Drs Djafar Achmad mengatakan hal itu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten 3 Setda Ende, Yoseph Vitalis Tote pada kegiatan Rapat Teknis Pembentukan Kelompok Kerja Pelayanan Terpadu Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dan Tenaga Kerja Antar Daerah Tingkat Kabupaten Ende Tahun 2019, Kamis (1/8/2019) di Aula Disnaker Ende.

Pada tataran ini, tidak perlu saling melemparkan kesalahan dan tanggung jawab.

Saatnya sekarang mencarikan akar permasalahannya kemudian mencari langkah solutif yang tepat, agar persoalan terhadap para tenaga kerja tidak terus menjadi sebuah persoalan yang tidak dapat terselesaikan.

Harus ada upaya nyata meminimalisir persoalan yang dialami tenaga kerja karena bagaimanapun para tenaga kerja mempunyai hak untuk mendapatkan perlindungan,ujar Wabup Djafar.

Disamping itu harus diakui bersama bahwa belum optimalnya perhatian dan pengawasan semua pihak mulai dari desa sebagai pintu keluarnya masyarakat, mengakibatkan kasus-kasus yang menimpa tenaga kerja masih saja berlangsung.

Apabila semua komponen masyarakat mempunyai niat yang sama dan tulus melaksanakannya maka bukan menjadi hal yang mustahil persoalan terhadap para tenaga kerja dapat teratasi dan mereka akan nyaman bekerja.

Hal ini dapat terlaksana apabila mau melakukan dalam kebersamaan dengan membangun kolaborasi peran yang harmonis.

Bentuk Kelompok Perlindungan Pekerja Migran

Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ende menggelar kegiatan Rapat Teknis Pembentukan Kelompok Kerja Pelayanan Terpadu Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dan Tenaga Kerja Antar Daerah Tingkat Kabupaten Ende Tahun 2019, Kamis (1/8/2019).

Halaman
12
Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved