Pemerintah Tetapkan Idul Adha Jatuh pada Hari Minggu, 11 Agustus 2019

Pemerintah telah menggelar menggelar sidang isbat penentuan 1 Zulhijah 1440 H dan menetap Idul Adha tahun ini jatuh pada hari Minggu 11 Agustus 2019

Pemerintah Tetapkan Idul Adha Jatuh pada Hari Minggu, 11 Agustus 2019
Instagram/Lensamu
Idul Adha atau Idul Kurban 

Pemerintah Tetapkan Idul Adha Jatuh pada Hari Minggu, 11 Agustus 2019

POS-KUPANG.COM - Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menggelar menggelar sidang isbat penentuan 1 Zulhijah 1440 H dan menetap Idul Adha tahun ini jatuh pada hari Minggu, 11 Agustus 2019.

Melalui sidang Isbat Kemenag memutuskan 1 Zulhijah jatuh pada hari Jumat, 2 Agustus 2019. Dengan demkian, 10 Zulhijah atau hari raya Idul Adha jatuh ada Ahad, 11 Agustus 2019.

Kepastian tentang hari raya Idul Adha atau hari raya kurban tahun ini disampaikan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Muhammadiyah Amin saat konferensi pers di Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019).

Hadir dalam sidang isbat, perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia, duta besar dari negara sahabat, anggota Komisi VIII DPR, serta pejabat dari Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan Badan Informasi Geospasial (BIG).

TAHAJUD, Simak Tata Cara, Niat dan Manfaat Sholat Tahajud

Perwakilan dari Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar ilmu falak dari ormas-ormas Islam, pejabat Kementerian Agama, serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama juga akan menghadiri sidang isbat awal Dzulhijah 1440 Hijriah.

Dikatakan Muhammadiyah Amin, Kemenag juga berkoordinasi dengan pemantau yang disebarkan ke 92 titik hilal di seluruh Indonesia dalam menentukan posisi hilal.

Amin menjelaskan, pemerintah berani menetapkan hari raya Idul Adha setelah 10 pemantau telah melihat keberadaan hilal.

Simak Jadwal Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah 1440 Hijriyah, Jelang Hari Raya Idul Adha 2019

"Untuk melakukan konfirmasi atas posisi hilal tersebut, maka pada saat ini kita lihat sebanyak 92 titik. Berdasarkan laporan dari beberapa area yang melibat hilal dan telah disumpah ada 10 titik yang melihat langsung,"  kata Amin.(*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Adiana Ahmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved