Susun Kabinet, Hasto Jelaskan PDI-P Hanya Bisa Beri Masukan bagi Jokowi

Dalam Menyusun Kabinet, Hasto Kristiyanto Jelaskan PDI-P Hanya Bisa Beri Masukan bagi Jokowi

Susun Kabinet, Hasto Jelaskan PDI-P Hanya Bisa Beri Masukan bagi Jokowi
KOMPAS.com/ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) BMKG tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/7/2019). 

Dalam Menyusun Kabinet, Hasto Kristiyanto Jelaskan PDI-P Hanya Bisa Beri Masukan bagi Jokowi

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai PDI Perjuangan ( PDI-P) Hasto Kristiyanto menegaskan, tidak ada tekanan dari partai koalisi kepada Presiden terpilih Joko Widodo dalam menyusun kabinet periode 2019-2024.

"Bagi kami (PDI-P), penyusunan kabinet harus dengan kontemplasi dan data profil calon-calon yang ada. Presiden juga punya opsi-opsi, itulah yang harus dibahas sehingga tidak ada tekanan dalam menyusun hal itu (kabinet)," ujar Hasto saat ditemui dalam konferensi pers kongres kelima PDI-P di kantor DPP partai, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019).

Terungkap di Pengadilan, Staf Kemenpora Mengaku Terima Uang Lebaran Rp 30 Juta dari Sekjen KONI

Hasto menuturkan, peran partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) adalah memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019. Partai koalisi, kata dia, tidak bisa meniadakan hak presiden dalam menyusun kabinet.

"Peran partai yang memenangkan Jokowi-Ma'ruf. Ya peran partai itu kan terkait strategi memobilisasi rakyat, peran parpol enggak bisa meniadakan hak presiden. Itu ditunjukan oleh Ibu Megawati ketika menjadi presiden saat menyusun kabinet," paparnya kemudian.

Fahri Hamzah Daftarkan Garbi Sebagai Partai Politik, tak Masalah Kader PKS Ikut Bergabung

Namun demikian, Hasto menuturkan, PDI-P sebagai partai pengusung bisa memberi masukan kepada Jokowi terkait sosok yang dirasa pantas dan memiliki kemampuan strategis.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku sudah mengantongi sejumlah nama dalam pemilihan Kabinet Menteri Jilid II periode 2019-2024.

Jokowi mengatakan dengan masuknya sejumlah nama tersebut, membuatnya lebih mudah untuk memilih.

"Soal kabinet, saat ini sudah mulai masuk nama-nama. Kita mengumpulkan pilihan, jadi memilihnya lebih mudah karena banyak alternatif," katanya usai makan siang di Rumah Makan Mbah Karto, Sukoharjo, Minggu (23/7/2019), dikutip dari Tribunnews.com.

Namun, saat ini dia masih belum memutuskan nama-nama yang akan masuk dalam kabinet jilid II itu. (Kompas.com/Christoforus Ristianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sekjen PDI-P Tegaskan Tak Ada Tekanan bagi Jokowi untuk Susun Kabinet",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved