Pemdes Benteng Tawa I di Riung Barat Adakan Pemeriksaan Kesehatan

Sebanyak 50 orang perempuan warga Desa Benteng Tawa I Kecamatan Riung Barat Kabupaten Ngada mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan

Pemdes Benteng Tawa I di Riung Barat Adakan Pemeriksaan Kesehatan
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Suasana pemeriksaan kesehatan di Desa Benteng Tawa I Kecamatan Riung Barat Kabupaten Ngada, Jumat (19/7/2019). 

Pemdes Benteng Tawa I di Riung Barat Adakan Pemeriksaan Kesehatan

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Sebanyak 50 orang perempuan warga Desa Benteng Tawa I Kecamatan Riung Barat Kabupaten Ngada mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan Kanker Payudara dan Kanker Serviks, Jumat (19/7/2019).

Sebelumnya, penyuluhan dilakukan oleh dokter Ketut Aditya Rahardja dan bidan kordinator (Bikord) Margretha Zaun dari Puskesmas Lindi kepada 50 orang perampuan dewasa di Desa Benteng Tawa I Kecamatan Riung Barat yang dilaksanakan pada hari Jumat 13 Juli 2019.

Maka pada hari Kamis (19/7/2019) Pemerintah Desa Benteng Tawa I kembali menggelar kegiatan pemeriksaan kanker payudara dan serviks kepada 50 perempuan dewasa.

Kepala Desa Benteng Tawa I Yoseph Panas, menjelaskan, kegiatan pemeriksaan ini sebagai tindak lanjut dari penyuluhan kanker payudara dan kanker serviks .

"Kegiatan pemeriksaan kanker serviks dan payudara yang dilakukan oleh dokter Ketut Aditya Rahardja, bikord Margretha Zaun dan tenaga kesehatan dari puskesmas Lindi yang dilaksanakan di poliklinik desa (Polindes) Mok," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Jose ini menjelaskan, 50 orang ibu-ibu ini adalah mereka yang sudah mengikuti kegiatan sosialisasi pada tanggal 13 Juli kemarin di kantor desa Benteng Tawa I. Memang jumlah kaum ibu di desa Benteng Tawa 1 tidak hanya 50 orang tetapi bisa mencapai 200 perampuan orang dewasa.

"Sehingga untuk saat ini, kita prioritaskan dulu ibu-ibu yang sudah mengikuti penyuluhan kanker kemarin di kantor desa," ujarnya.

Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan kanker payudara dan serviks bagi perempuan dan sudah hidup berkeluarga sangatlah penting.

Pada saat penyuluhan, kedua narasumber sudah menjelaskan tentang gejala, resiko, bagaimana cara pencegahan terhadap kanker payudara dan serviks.

Mengingat ibu-ibu yang terdeteksi kanker payudara dan serviks, apabila tidak segerah ditangani secara medis maka bisa mengancam pada kehilangan nyawa.

Sementara dokter Ketut Aditya Rahardja sebelum melakukan pemeriksaan, kembali menegaskan ciri-ciri kanker serviks atau kanker mulut rahim yaitu nyeri saat berhubungan seksual, keluar darah dari jalan lahir atau vagina setelah hubungan intim, dan sering keputihan pada mulut rahim.

Ia memberikan apresiasi kepada kepala desa Benteng Tawa I bersama jajarannya yang fokus dan berpihak pada sektor kesehatan.

Ia mengatakan dari kegiatan ini masyarakat sadar akan pentingnya serta bahaya dari kanker payudara dan serviks, dan mengerti tindakan pencegahan yang dapat dilakukan sejak dini.

Ingin Cantik Luar Dalam? Gunakan 4 Manfaat Minum Jus Seledri, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu

Personil Polres Ngada Ikut Donor Darah, Ini Kata Wakapolres Ngada

Pertarungan Tinju Piala Presiden, Petinju Berbagai Negara Sudah Tiba Di Labuan Bajo

Setelah Kena Siram Moke di Kepala, Kasus Pengrusakan Jualan Nabas Berakhir Damai

"Kita akan semakin sadar bahaya dari kanker payudara dan serviks dan mengetahui bagaimana pencegahan dini," ujarnya.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved