Seperti Apa Tanda-Tanda Kiamat? Ini Penjelasan Alquran dan Sains

Kiamat merupakan salah satu rukun Iman dalam Islam. Karena itu wajib bagi Umat Islam untuk mempercayai hari kiamat atau hari akhir.

Seperti Apa Tanda-Tanda Kiamat? Ini Penjelasan Alquran dan Sains
iStock
Ilustrasi 

KIAMAT! Seperti Apa Tanda-Tanda Kiamat? Ini Penjelasan Alquran dan Sains

POS-KUPANG.COM- Kiamat merupakan salah satu rukun Iman dalam Islam. Karena itu wajib bagi Umat Islam untuk mempercayai hari kiamat atau hari akhir.

Lalu seperti apakah tanda-tanda kiamat menurut Alqran dan Sains?

Dalam Alquran Surat Al-A'raf ayat 187 menjelaskan, allah berfirman:  "Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, "Kapan terjadi?" Katakanlah, Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu, kecuali secara tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui," (Surah Al-A'rāf: 187).

Penjelasan tentang Kiamat juga ada dalam buku Tafsir Ilmi dengan tema Kiamat dalam Perspektif Alquran dan Sains.

Dijelaskan, segala peristiwa pasti diawali dengan munculnya tanda-tanda. Demikian juga dengan kiamat.

KIAMAT! Ular di Tembok Barat Israel, 15 Tanda Kiamat Menurut Alkitab dan Kristen

Tentang tanda fisik kiamat di Bumi, diawali dengan bahasan tentang kerusakan di darat dan laut.  Sadar atau tidak, saat ini bumi memang semakin rusak. Dampaknya, banjir dan longsor dimana-mana, suhu udara yang semakin panas dan lain-lain.

Allah berfirman: "Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)," bunyi Surah Ar Rum Ayat 41.

Dalam buku Tafsir Ilmi “Kiamat dalam perspektif Alquran dan Sains" yang disusun oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama RI dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengungkap mengenai keadaan Bumi pada hari Kiamat.

Halaman
123
Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Adiana Ahmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved