Renungan Harian Kristen Protestan

Renungan Harian Kristen Protestan, Minggu 14 Juli 2019:Mengoreksi Diri, Bukan Menghakimi Orang Lain

Karena ukuran yang kita pakai untuk menilai dan menghakimi orang itu juga yang akan dipakaikan Tuhan Allah untuk kita (Matius 7:1-2)

Renungan Harian Kristen Protestan, Minggu 14 Juli 2019:Mengoreksi Diri, Bukan Menghakimi Orang Lain
Dok Pribadi
Pendeta Messakh Dethan

Renungan Harian Kristen Protestan, Minggu 14 Juli 2019
Oleh : Pdt. Dr. Mesakh A.P. Dethan, MTh, MA

Mengoreksi Diri, Bukan Menghakimi Orang Lain

MENURUT R.E. Nixon (R.E. Nixon dalam New Bible Commentary, Third Edition, Guthrie, dkk, Inter Varsity Press, Leicester-England, 1970) teks kita Injil Matius 7:1-5 masuk dalam bagian perikop khotbah Yesus di bukit.

Lebih khusus lagi teks Matius 7:1-5 ini dimasukan dalam bagian yang berbicara tentang bagaimana sikap orang beriman kepada sesamanya (Matius 7:1-6)

dan kepada Tuhan Allah sebagai pencipta dan pemelihara (Matius 7:7-11) dan diakhriri dengan Golden Rule (Matius 7:12).

Kecenderungan kita adalah semangat untuk menilai dan menghakimi orang lain. Padahal ketika kita menghakimi orang kita juga akan dihakimi oleh Tuhan Allah sendiri.

Tuhan Yesus mengingatkan karena itu jangan cepat-cepat kita menghakimi orang lain dan juga karena ukuran yang kita pakai untuk menilai dan menghakimi orang itu juga yang akan dipakaikan Tuhan Allah untuk kita (Matius 7:1-2)

1 "Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. 2 Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.

Lebih gawat kita menilai orang lain menurut kata orang, menurut gosip. Kita tidak pernah bertemu dengan orang itu.

Namun ketika kita mendengar bahwa si A jahat, si A sombong, Si A "begini-begitu", maka kita telan mentah-mentah dan langsung juga memberikan vonis.

Halaman
1234
Editor: Ferry Jahang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved