Headline News Hari Ini

Jokowi Benah Total Labuan Bajo

Kepala Negara mengutarakan keinginannya mempercepat pembangunan kawasan wisata Labuan Bajo.

Jokowi Benah Total Labuan Bajo
POS-KUPANG.COM/SERVAN MAMMILIANUS
Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Ny. Iriana diterima secara adat saat tiba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Rabu (10/7/2019). 

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Presiden Joko Widodo berkomitmen membenahi Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat secara total, termasuk menambah dan meningkatkan infrastruktur pariwisata. Upaya ini bertujuan agar Labuan Bajo sebagai Bali baru.

"Yang jelas begini, kita ini baru memulai membenahi. Memulai. Kita harapkan tahun depan insya Allah sudah selesai," kata Jokowi saat meninjau Puncak Waringin Labuan Bajo, Rabu (10/7/2019).

Kepala Negara mengutarakan keinginannya mempercepat pembangunan kawasan wisata Labuan Bajo, termasuk pembenahan Bandara Komodo.

Presiden Jokowi berpose dengan latar belakang pemandangan matahari terbenam di Labuan Bajo, Flores, NTT, Rabu (10/7/2019).
Presiden Jokowi berpose dengan latar belakang pemandangan matahari terbenam di Labuan Bajo, Flores, NTT, Rabu (10/7/2019). (SETPRES/AGUS SOEPARTO via Kompas.com)

"Yang ingin kita percepat, pertama bandara, terminal akan kita besarkan, runway diperpanjang, maksimal tahun depan sudah rampung semua. Airport, terminal airport," jelas Jokowi.

Jokowi mengatakan, Bandara Komodo akan dikelola oleh pihak yang memiliki jaringan pariwisata internasional. "Pengelolaan akan dilelangkan. Terutama kita ingin agar yang mengelola airport ini yang memiliki jaringan pariwisata internasional sehingga yang datang ke sini, turis-turis yang kita harapkan akan meningkatkan devisa," ujar Jokowi.

Jokowi juga berniat menggenjot infrastruktur jalan, trotoar dan memastikan suplai air bersih terjamin di Labuan Bajo. Menurutnya, trotoar dibangun di sejumlah ruas jalan yang memiliki view bagus sehingga pejalan kaki bisa berjalan sambil menikmati view.

Bandara Komodo Labuan Bajo
Bandara Komodo Labuan Bajo (POS-KUPANG.COM/SERVAN MAMMILIANUS)

Selain itu, Jokowi berencana memindahkan pelabuhan kontainer dari Pelabuhan Labuan Bajo ke tempat lain.

"Pelabuhan untuk konteiner akan dipindahkan ke tempat lain. Di sini (Pelabuhan Labuan Bajo, Red) hanya untuk penumpang, untuk pinisi, untuk yacht. Yang dipindahkan yang kargo, yang konteinernya saja," ujar Jokowi.

"Kalau tahun depan sudah selesai, airportnya, run way, penataan kawasan sudah selesai, baru kita berbicara bagaimana mengemas even-even seni budaya yang ada di sini," tambahnya.

Tahap selanjutnya, kata Jokowi, adalah promosi. "Kemudian juga promosinya seperti apa, ini langkah-langkah memperbaiki prodak, baru marketingnya. Jangan ditanya jauh-jauh," ucapnya.

NTT Kebut Tiga Terminal Barang Internasional, Dorong Ekspor Impor

Halaman
1234
Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Alfons Nedabang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved