Komnas HAM Temukan Titik Terang Dugaan Pelanggaran HAM dalam Kerusuhan 21-23 Mei

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menemukan beberapa fakta terkait dugaan pelanggaran HAM dalam kerusuhan 21-23 Mei lalu.

Komnas HAM Temukan Titik Terang Dugaan Pelanggaran HAM dalam Kerusuhan 21-23 Mei
KOMPAS.com/ANTARA/M RIsyal Hidayat
Sejumlah massa menyerang ke arah petugas kepolisian saat terjadi bentrokan Aksi 22 Mei di Jalan Brigjen Katamso, kawasan Slipi, Jakarta, Rabu (22/5/2019). 

Komnas HAM Temukan Titik Terang Dugaan Pelanggaran HAM dalam Kerusuhan 21-23 Mei

POS-KUPANG.COM- Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menemukan beberapa fakta terkait dugaan pelanggaran HAM dalam kerusuhan 21-23 Mei lalu.

Perkembangan fakta yang ditemukan dalam investigasi Komnas HAM, Choirul mengatakan pihaknya mendapatkan bukti yang cukup, sehingga fakta dalam peristiwa tersebut menjadi jelas terkuak.

"Komnas HAM sedang dalami cukup serius berbagai alat bukti yang diberikan kepada Komnas HAM, termasuk juga yang didapatkan Komnas HAMsendiri. Dan, dari apa yang kami temukan, satu peristiwanya makin terang kami dapatkan," tutur Choirul di Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2019).

Pihaknya juga sudah menyimpulkan dugaan adanya pelanggaran HAM dari peristiwa tersebut. Choirul mengklaim pihak tidak menemukan kesulitan dalam memberikan kesimpulan itu.

VIDEO: Kapal dari Wini Pulang ke Surabaya Tanpa Muatan

Pihaknya juga sedang merumuskan, apakah peristiwa tersebut terkait satu sama lain.

"Ketiga, yang juga ini penting, kami juga sedang merumuskan apakah kasus ini berdiri sendiri ataukah sebuah kasus yang berangkaian dengan peristiwa yang lain. Nah itu juga menemui jalan yang cukup terang," ujar Choirul.

Choirul mengklaim akhir bulan ini, Komnas HAM telah dapat mengumumkan hasil investigasi atau paling lambat awal bulan Agustus.

Kaum Perempuan Tolak Rancangan Qanun Poligami di Aceh, Laki-laki Akan Makin Leluasa Menikah Lagi

Pihaknya saat ini masih menunggu keterangan beberapa pihak yang diduga terkait dengan peristiwa tersebut.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Komnas HAM Temukan Titik Terang Dugaan Pelanggaran HAM dalam Kerusuhan 21-23 Mei, https://www.tribunnews.com/nasional/2019/07/09/komnas-ham-temukan-titik-terang-dugaan-pelanggaran-ham-dalam-kerusuhan-21-23-mei.
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Sanusi

Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved