Marak Kasus Pencabulan Akibat Medsos, Ini Kebijakan SMA Negeri 5 Kupang

Manajemen Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Kota Kupang menerapkan kebijakan inspeksi mendadak (sidak) a

Marak Kasus Pencabulan Akibat Medsos, Ini Kebijakan SMA Negeri 5 Kupang
POS-KUPANG.COM/ RYAN NONG
Kepala SMA Negeri 5 Kupang Veronika Wawo,S.Pd M.Pd

Marak Kasus Pencabulan Akibat Medsos, Ini Kebijakan SMA Negeri 5 Kupang

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Manajemen Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Kota Kupang menerapkan kebijakan inspeksi mendadak (sidak) atau razia mendadak untuk memeriksa konten konten yang ada di hape milik para siswa.

Hal ini disampaikan Kepala SMA Negeri 5 Kupang Veronika Wawo,S.Pd M.Pd kepada POS-KUPANG.COM pada Senin (8/7/2019).

Veronika menjelaskan, kebijakan tersebut diambil pihak sekolah untuk meminimalisir penggunaan handphone (hp) untuk hal hal negatif di dalam proses pembelajaran atau di dalam lingkungan sekolah.

Ia menjelaskan, proses razia mendadak itu dilakukan pihak sekolah yang melibatkan Pokja Kesiswaan, Guru serta Satpam dalam waktu yang tidak diberitahukan sebelumnya.

Jika dalam sidak tersebut, siswa kedapatan memiliki atau menyimpan konten negatif seperti gambar atau film  porno dalam hp maka siswa tersebut dikenakan kredit poin di sekolah sebesar 50 kredit poin.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil sidak selama ini, para siswa disebutnya menggunakan hp hanya untuk pembelajaran. Hanya beberapa siswa yang didapati menyimpan konten negatif tetapi lanjutnya, hal itu merupakan gambar kiriman yang tidak mereka ketahui sebelumnya.

Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Lembata Meningkat di Tahun 2019

Meski disebut bahwa tingkat pencabulan meningkat akibat faktor pengaruh hp atau media sosial, ia tetap menyatakan tidak sependapat apabila ada kebijakan untuk melarang anak anak membawa handphone (hp) ke sekolah.

"Kalau soal penggunaan hape, anak anak harus diberi kebebasan untuk menggunakan hp, ada banyak hal anak dapat menggunakan hape positif terutama untuk menunjang kegiatan belajar mengajar," akunya.

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved