Yuk Cari Tahu Surat Apa Saja Yang Dibaca dalam Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari pada sepertiga malam akhir. Cari tahu surat yang dibaca dalam Tahajud

Yuk Cari Tahu Surat Apa Saja Yang Dibaca dalam Sholat Tahajud
blog.uns.ac.id
Ilustrasi Sholat Tahajud 

Yuk Cari Tahu Surat Apa Saja Yang Dibaca dalam Sholat Tahajud

POS-KUPANG.COM- Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari pada sepertiga malam akhir atau setengah malam akhir atau mendekati dua pertiga malam hingga waktu menjelang sholat subuh.

Seberapa penting sholat tahajud untuk seorang muslim? Allah berfirman,

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (Q.S. Al-Israa 17: 79)

Lalu surat apa saja yang dibaca dalam Sholat Tahajud agar doa kita mustajab?

Dikutip dari berbagai sumber, tidak ada tata cara tertentu untuk shalat tahajud atau shalat malam setelah membaca Al-Fatihah pada setiap rakaat. Seorang muslim shalat dua rakaat lalu membaca surat yang mudah baginya dari Al-Qur’an Al-Karim.

Kemudian setelah itu shalat witir. 

Para ulama Lajnah Daimah Lil Ifta’ mengatakan, “Shalat malam dua rakaat-dua rakaat, kalau khawatir datang waktu fajar (subuh) maka hendaknya shalat witir satu rakaat. Karena  shalat Nabi sallallahu alaihi wa sallam biasanya sebelas rakaat dalam qiyamul lail. Siapa yang menambah atau mengurangi tidak mengapa.” (Fatawa Lajnah Daimah, 7/181).

Mereka juga mengatakan, “Dalam Shalat malam tidak ada surat khusus yang dibaca dari Al-Qur’an.  Cukup membaca surat yang mudah dari Al-Qur’an.” (Fatawa Lajnah, 6/103).

Subhanallah, Sholat Tahajud Keistimewaannya Luar Biasa

Halaman
123
Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved