Renungan Harian Kristen Protestan

Renungan Harian Kristen Protestan, 27 Juni 2019,"Jadilah Gandum Sampai Tiba Masa Menuai"

Yesus menggunakan sebuah perumpamaan yang begitu dekat dengan kehidupan masyarakat saat itu, yakni Penabur: atau petani, Lalang dan gandum.

Renungan Harian Kristen Protestan, 27 Juni 2019,
dokumentasi pribadi
Pdt Dina Dethan Penpada MTh 

Renungan Harian Kristen Protestan, 27 Juni 2019
Oleh : Pdt. Dina Dethan Penpada, MTh

"Jadilah Gandum Sampai Tiba Masa Menuai"
Matius 13:24-30

Saudara-saudara,
Selama kita ada di dunia ini, kita akan selalu berhadapan dua kenyataan yang meskipun bertolak belakang, tetapi selalu ada, kebaikan dan kejahatan.

Realitas ini dikatakan oleh Yesus melalui sebuah perumpamaan yang telah kita baca bersama yaitu Lalang di antara gandum. Seperti biasa, untuk menjelaskan maksud tertentu, Yesus menggunakan perumpamaan sehingga para pendengar paham.

Yesus menggunakan sebuah perumpamaan yang begitu dekat dengan kehidupan masyarakat saat itu, yakni Penabur: atau petani, Lalang dan gandum.

Kedua tanaman ini: Lalang dan gandum memang hampir sama dan sulit dibedakan satu dengan yang lain, tetapi pada musim panen, akan terlihat jelas mana bulir gandum dan mana bulir lalang.

Dikatakan dalam ayat 24: Yesus mengumpamakan Kerajaan surga seumpama seorang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya.

Ayat 25: Tetapi ketika semua orang tidurdatanglah musuhnya menaburkan benih lalang diantara gandum itu, lalu pergi. Itu berarti pemilik ladang itu dicurangi oleh musuhnya.

(menurut beberapa informasi: praktik curang seperti ini memang terjadi dalam kehidupan para petani saat itu. Ada orang yang karena iri hati, mereka diam-diam pergi menabur benih lalang, sehingga merusak pertumbuhan gandum.

Yang menarik dari bacaan kita selanjutnya, ketika hamba-hamba dari pemilik kebun itu datang dan menyampaikan permohonan mereka agar lalang itu dicabut,

pemilik kebun itu mengatakan, biarkan saja, karena ketika lalang dicabut, kemungkinan besar gandum juga ikut tercabut. Biarkan saja: nanti pada masa menuai, akan kelihatan mana gandum dan mana lalang.

Halaman
123
Editor: Ferry Jahang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved