Mantan Dirut PLN Sofyan Basir Jalani Sidang Perdana sebagai Terdakwa, Ini Kronologisnya

Mantan Direktur Utama PT PLN, Sofyan Basir akan menjalani sidang perdana sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta,

Mantan Dirut PLN Sofyan Basir Jalani Sidang Perdana sebagai Terdakwa, Ini Kronologisnya
(ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR)
Direktur Utama PT PLN nonaktif Sofyan Basir menggunakan rompi tahanan berada di dalam mobil tahanan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (27/5/2019). KPK resmi menahan Sofyan Basir terkait kasus dugaan korupsi pembangunan PLTU Riau-1 

POS KUPANG.COM -Mantan Direktur Utama PT PLN, Sofyan Basir akan menjalani sidang perdana sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (24/6/2019).

Persidangan dimulai dengan pembacaan surat dakwaan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam proses penyidikan sejak 22 April 2019, telah dilakukan pemeriksaan terhadap sekitar 74 orang saksi dari berbagai unsur. Beberapa di antaranya yakni Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan dan pejabat di PT PLN.

Kemudian, pihak PT Samantaka Batubara, anggota DPR RI, mantan pengurus Partai Golkar dan pihak swasta lain.

Penetapan tersangka Sofyan merupakan hasil pengembangan kasus korupsi dalam proyek pembangunan PLTU Riau 1 sebelumnya.

Ular Sanca 17 Kg yang Tewaskan Tuannya Dibunuh Warga lalu Dikubur Berdampingan, Ini Kronologinya

Maldini Terbang ke Spanyol demi Temui Pemain Cadangan Real Madrid, Begini Ceritanya

 

Dalam kasus ini, KPK sebelumnya telah menjerat mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eni Maulani Saragih, mantan Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham, dan Johannes Budisutrisno Kotjo selaku pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited.

Sofyan diduga bersama-sama membantu Eni dan kawan-kawan menerima hadiah atau janji dari Kotjo untuk kepentingan proyek Independent Power Producer (IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang (PLTU) Riau 1. (*)

Begini Catatan Pelatih Persela Aji Santoso Usai Laga vs Macan Kemayoran Persija Jakarta

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mantan Dirut PLN Sofyan Basir Jalani Sidang Perdana sebagai Terdakwa", https://nasional.kompas.com/read/2019/06/24/08281371/mantan-dirut-pln-sofyan-basir-jalani-sidang-perdana-sebagai-terdakwa.

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved