Penanganan Sampah di Manggarai, Ini Sistem yang Akan Diterapkan di di TPA Poco, Manggarai

mengatasi persoalan sampah di lokasi TPA Ncolang Poco, Manggarai maka Pemkab Manggarai melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) Manggarai telah

Penanganan Sampah di Manggarai, Ini Sistem yang Akan Diterapkan di di TPA Poco, Manggarai
Foto Humas Manggarai/Dok
ALAT-Alat Berat di TPA Poco sedang menimbun sampah.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG-Dalam rangka mengatasi persoalan sampah di lokasi TPA Ncolang Poco, Manggarai maka Pemkab Manggarai melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) Manggarai telah mengambil langkah-langkah penanganan dan perbaikan.

Salah satu langkah yang diambil yakni pemerintah kini akan melakukan penggalian lubang penimbunan sampah.

Sistem ini dinamakan sanitary landfill. Sistem ini memiliki tujuan pengelolaan (pemusnahan) sampah dengan cara membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannyadan kemudian menimbunnya dengan tanah.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manggarai, Drs. Marselinus Gambang kepada POS-KUPANG.COMdi Ruteng, Jumat (21/6/2019) siang menjelaskan, langkah tersebut dilakukan untuk menghilangkan bau serta menghindari pembakaran sampah di lokasi itu.

BREAKING NEWS: Di TTS-NTT, Nenek 80 Tahun Tewas Terbakar di Rumahnya

“Ini dalam rangka menghilangkan bau dan untuk menghindari pembakaran. Metode ini sudah diterapkan di berbagai daerah di Indonesia, dan juga diatur dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2008 tentang Pengolahan Sampah,” kata Marselinus.

Untuk pekerjaan tahap pertama ini, menurut Marselinus, lahan yang disiapkan untuk penimbunan sampah seluas 30 x 40 meter dengan kedalaman 10 meter.

“Akan terus dilakukan, dan ke depan ada rencana untuk pengadaan alat berat. Saat ini, seluruh proses dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup,” ujar Marselinus.

Sementara itu, Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H menjelaskan,penanganan sampah dengan sistem sanitary landfill di TPA seluas 1,1 Ha tersebut merupakan salah satu upaya serius Pemerintah Kabupaten Manggarai dalam menangani masalah sampah di daerah ini.

“Ini merupakan follow up dari kunjungan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manggarai beberapa waktu lalu, serta berbagai diskusi yang telah kita bangun selama ini,” kata Bupati Kamelus.

Lawan Persela Lamongan, Persija Boyong 17 Pemain, Ini Pemain Gantikan Bruno Matos dan Sandi Sute

Bupati Kamelus juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah terlibat baik dalam diskusi maupun dalam aksi nyata dalam rangka menangani masalah sampah di Manggarai.

Selama beberapa waktu terakhir, pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat Manggarai, seperti Gerakan Masyarakat Peduli Sampah (GMPS), komunitas-komunitas, serta para pelajar, terlibat dalam berbagai aksi untuk mengatasi masalah sampah dan membangun kepedulian bersama pada kebersihan lingkungan.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved