TRIBUN WIKI: Perkenalkan Keragamanan Kain Tenun NTT, Ini yang Dilakukan Aston Hotel Kupang

Perkenalkan Keragamanan Kain Tenun NTT, Aston Hotel Kupang Gelar Fashion Show kain Tenunan NTT

TRIBUN WIKI: Perkenalkan Keragamanan Kain Tenun NTT, Ini yang Dilakukan Aston Hotel Kupang
POS-KUPANG.COM/ Yeni Rachmawati
Fashion Show Tenun Ikat NTT di Hotel Aston Kupang 

Perkenalkan Keragamanan Kain Tenun NTT, Ini yang Dilakukan Aston Hotel Kupang

Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG. COM | KUPANG- Indonesia terkenal kaya akan budaya dan adat istiadat. Salah satu kekayaan budaya yakni kain tenunan tradisional.

Setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai jenis kain yang indah. Misalnya songket, batik, tenun, dan lain sebagainya.

Salah satunya provinsi yang dikenal memiliki kain tenun dengan motif yang begitu kaya adalah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kain tenun yang dikembangkan oleh setiap suku di NTT ini merupakan seni kerajinan tangan yang diajarkan secara turun-temurun dari generasi ke generasi.

Fashion Show Tenun Ikat NTT1
Fashion Show Tenun Ikat NTT1 (POS-KUPANG.COM/ Yeni Rachmawati)

Gadis SoE Nekat Jadi TKW Ilegal, Gajinya sebagai PRT di Kota Kupang Hanya 250 Per Bulan

Sama seperti motifnya yang banyak, kain tenun ini secara adat dan budaya memiliki banyak fungsi. Antara lain sebagai busana sehari-hari, busana untuk tarian atau upacara adat, alat penghargaan dalam upacara peminangan, perkawinan hingga kematian, alat pembayar denda adat, lambang strata sosial seseorang, alat penghargaan kepada tamu, dan lain sebagainya.

Dalam rangka memperkenalkan keragaman kain tenun NTT, Aston Kupang Hotel menggelar fashion show kain tenunan khas NTT yang disponsori oleh Kios Kaos dan Rumah Kebaya. Menariknya, fashion show tersebut diperagakan sendiri oleh karyawan hotel Aston di hadapan para tamu saat sarapan pagi di Gourmet Coffee Shop.

General Manager (GM) Aston Kupang Hotel & Convention Center, Deddy S Thalib, kepada POS-KUPANG. COM, Kamis (20/6/2019) mengatakan fashion show akan dilaksanakan secara rutin pada saat tingkat hunian di atas 90 persen.

Yang mana 85 persen diantaranya adalah tamu-tamu lokal yang berasal dari luar pulau NTT dan 15 persen lainnya adalah tamu mancanegara.

Fashion Show Tenun Ikat NTT di Hotel Aston Kupang
Fashion Show Tenun Ikat NTT di Hotel Aston Kupang (POS-KUPANG.COM/ Yeni Rachmawati)

Matahari Departemen Store Tawarkan Aneka Diskon dan Harga Spesial

“Tujuannya adalah untuk melestarikan kebudayaan tenun NTT dan juga terus memperkenalkan keindahan warna tenun dan motif NTT kepada tamu lokal maupun mancanegara,” ujar Deddy S. Thalib.

Selain itu, lanjut Deddy, kegiatan ini juga sebagai sarana dalam rangka mengangkat para pengrajin tenun atau pelaku UMKM sehingga hasil tenunan mereka dapat dijual kepada tamu-tamu yang menginap di hotel.

Dengan demikian akan membantu perekonomian para pengrajin tenun di NTT, sehingga ketersediaan kain tenun tidak akan habis.(*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved