Remaja Inggris Dihukum Penjara Gara-gara Unggah Gambar Ancam Pangeran Harry

Remaja Inggris Dihukum Penjara Gara-gara Unggah Gambar ancam Pangeran Harry

Remaja Inggris Dihukum Penjara Gara-gara Unggah Gambar Ancam Pangeran Harry
KOMPAS.com
Pangeran Harry saat berada di London Marathon Pangeran Harry saat berada di London Marathon 

Remaja Inggris Dihukum Penjara Gara-gara Unggah Gambar ancam Pangeran Harry

POS-KUPANG.COM | LONDON - Seorang pemuda Inggris dijatuhi hukuman penjara selama empat tahun tiga bulan setelah dinyatakan bersalah telah mendorong terorisme. Michal Szewczuk (19) dijatuhi hukuman oleh pengadilan Old Bailey, London, pada Selasa (18/6/2019).

Dia memposting gambar yang mengancam dan menghina Pangeran Harry, pada Agustus tahun lalu. Gambar tersebut, yang memperlihatkan wajah Pangeran Harry dengan pistol mengarah ke kepala pangeran dan lambang swastika berwarna merah darah, diunggahnya ke platform microblogging Gab, beberapa bulan setelah sang pangeran menikah dengan Meghan Markle.

Moeldoko Berharap Pertemuan Jokowi dan Prabowo Segera Terwujud

Pada poster tersebut juga memuat kalimat bernada rasial dan ancaman, "Sampai Jumpa Pengkhianat Ras!".

Szewczuk dijatuhi hukuman penjara setelah mengaku bersalah atas dua tuduhan mendorong terorisme dan lima tuduhan kepemilikan materi teroris, termasuk Panduan Perlawanan Kulit Putih dan Panduan Al-Qaeda.

Pemerintah Provinsi NTT Buka Ruang Negosiasi Dalam Kasus Pengambilalihan Hotel Sasando

Salah satu poster kekerasan yang menampilkan ancaman terhadap Pangeran Harry yang disebar oleh Divisi Sonnenkrieg dari kelompok Neo-Nazi.

Szewczuk yang asli Polandia, dan pindah ke Inggris saat berusia 10 tahun, ditahan pada Desember tahun lalu bersama sejumlah orang lainnya yang dituduh atas tindakan pelanggaran yang sama.

Dalam persidangan di London, Selasa lalu, seorang remaja lain, bernama Oskar Dunn-Koczorowski (18), dijatuhi hukuman 18 bulan penjara setelah mengaku bersalah atas dua tuduhan mendorong terorisme.

Kedua remaja juga diketahui berinteraksi melalui aplikasi obrolan yang sama. Menurut Hakim Rebecca Poulet, gambar-gambar yang diunggah remaja itu tidak jauh berbeda dengan tindakan kriminal karena dengan niat jelas mendorong pada aksi teroris.

"Orang-orang didorong untuk pergi keluar dan melakukan tindakan kekerasan yang mengerikan terhadap orang lain tanpa alasan yang bisa dipahami siapa pun berpikiran lurus," ujar hakim, dikutip AFP. (Kompas.com/Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Unggah Gambar Ancam Pangeran Harry, Remaja Inggris Dihukum Penjara",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved