Telah Memiliki Perda Sampah, Ini Harapan Kepala Badan Lingkungan Hidup TTU

untuk membantu pemerintah menangani masalah sampah yang ada di Kabupaten TTU termasuk di wilayah Kota Kefamenanu.

Telah Memiliki Perda Sampah, Ini Harapan Kepala Badan Lingkungan Hidup TTU

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU-Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) telah memiliki eraturan daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2018 tentang pengolahan sampah.

Perda sampah tersebut dibuat dalam rangka untuk membantu pemerintah menangani masalah sampah yang ada di Kabupaten TTU termasuk di wilayah Kota Kefamenanu.

Dengan adanya perda tentang penanganan masalah sampah, diharapkan agar masyarakat di Kabupaten TTU lebih taat lagi dalam membuang sampah.

"Kita berharap dengan adanya peraturan daerah tentang sampah ini, ada kesadaran dari masyarakat supaya tertib dalam membuang sampah. Mereka bisa membuang sampah pada tempatnya," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup TTU, Ferdinandus Lio kepada Pos Kupang belum lama ini.

SMP Negeri 3 Soe Buka 10 Rombongan Belajar Untuk Penerimaan Murid Baru

Dorong Masyarakat Menanam Sayuran, Pemda TTS Siap Bagi Bibit Sayuran dan Bentuk Tim khusus

Selain itu, perda tersebut juga mengatur tentang bagaimana cara mengelolah sampah yang dimulai dari hulu hingga hilirnya sehingga persoalan sampah tidak terjadi lagi di Kabupaten TTU.

Namun persoalan yang dihadapi oleh pemerintah daerah Kabupaten TTU saat ini dimana pemerintah masih belum memiliki tempat pembuangan akhir (TPA).

"Sampai saat ini kita belum memiliki TPA yang sah. TPA yang kita miliki saat ini adalah TPA darurat. Oleh karena itu, kita harus miliki TPA yang sah," ungkapnya.

Sejak tahun lalu, ungkap Ferdinandus, pemerintah terus melakukan sosialisasi tentang keberadaan perda tersebut baik kepada masyarakat, maupun juga kepada para pengusaha, dan pihak rumah sakit.

"Sosialisasi dilakukan supaya mereka dapat mengelolah sampah dengan baik dan benar sehingga tidak merugikan masyarakat yang lain," tegasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved