Setelah Sumba Timur, Gempa Tektonik M 5,6 Guncang Flores Timur

Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (17/6/2019) siang

Setelah Sumba Timur, Gempa Tektonik M 5,6 Guncang Flores Timur
KOMPAS.com/AFP
Ilustrasi gempa bumi KOMPAS.com/AFP 

Gempa Tektonik M 5,6 Guncang Flores Timur

POS-KUPANG.COM--Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (17/6/2019) siang, sekitar pukul 13. 00 Wita.

Rilis yang diterima POS-KUPANG.COM dari BMKG menyebut analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,6 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,4.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,94 LS dan 123,01 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 68 km arah selatan Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 118 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi.

Derby County Minta Rp 72 Miliar ke Chelsea untuk Bajak Frank Lampard

Begini Isyarat Paul Pogba Beri Ingin Tinggalkan Man United, Intip YUK

Guru SMA/SMK Menjerit! Pemprov NTT Belum Bayar Uang Kesra Sejak Januari 2017

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Laut Sawu ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault).

Dugaan kuat sesar aktif yang menjadi pembangkit gempabumi ini adalah subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Lembata, Ende dengan intensitas III-IV MMI, Waingapu, Larantuka, Alor II-III MMI,Kupang, Rote I-II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved