TP PKK Kabupaten Kupang Gelar Kegiatan Refreshing Dengan Kader

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kupang menggelar kegiatan refreshing dengan para kader PKK se-Kabupaten Kupang.

TP PKK Kabupaten Kupang Gelar Kegiatan Refreshing Dengan Kader
Ket foto : Bagian Humas Pemkab Kupang
TP PKK Kabupaten Kupang dan kader mengolah pangan lokal pada kegiatan refreshing di rumah jabatan bupati Kupang, Senin (10/6/2019) 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I OELAMASI-- Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kupang menggelar kegiatan refreshing dengan para kader PKK se-Kabupaten Kupang.

Kegiatan ini dalam rangka membangun tali silaturahmi, kebersamaan dan kekompakan bersama kader.

Dari Rilis Bagian Humas Pemda Kupang yang dikirim ke POS KUPANG.COM, Selasa (11/6/2019) disebutkan, pada momen refreshing ini digelar  berbagai kegiatan. Beragam kegiatan yang dilaksanakan diantaranya lomba pangan Lokal, lomba pengisian Kartu menuju sehat (KMS) dan Lomba Administrasi PKK dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang diikuti oleh TP PKK dan kader PKK tingkat Kecamatan serta kader Posyandu.

Masalah Tim Maung Bandung yang Dihadapi Pelatih Rahmad Darmawan Jelang  Persib vs PS Tira Persikabo

Ketua TP PKK Kabupaten Kupang Ny. Damaris Masneno Mooy saat membuka secara resmi kegiatan Refreshing Kader tersebut mengatakan,  pangan merupakan kebutuhan dasar semua manusia dan wajib dipenuhi oleh Pemerintah dan masyarakat.

Ketersediaan pangan,  jelas Damaris, sangat penting namun harus memperhatikan aspek pola konsumsi rumah tangga, gizi dan kualitasnya sehingga dapat memenuhi standar gizi yang ditetapkan.

Potensi pangan lokal ini sendiri di Kabupaten Kupang, demikian Damaris, sangat menjanjikan dan dapat dikomersilkan menjadi peluang usaha yang berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Hal terpenting adalah bagaimana masyarakat dilatih untuk mengelolanya secara baik.

Ini Kabar Buruk Tim Macan Kemayoran, Pemain Pilar Persija Jakarta Alami Cedera Otot saat Latihan

Damaris sangat berharap lewat kegiatan refreshing seperti ini akan memberikan tambahan pengetahuan bagi kader PKK untuk dapat memanfaatkan menu pangan lokal baik bagi kebutuhan konsumsi keluarga maupun untuk di komersilkan. Lewat kegiatan ini para kader diberikan sosialisasi terkait pos pelayanan terpadu, menu pangan lokal dalam bentuk panel diskusi.

Hal penting ialah bagaimana memadukan teknologi, finansial, manajemen dan sumber daya dalam mengembangkan dan mengelola pangan lokal dapat bermanfaat.

“Masyarakat perlu sadar akan manfaat dan nilai gizi dari pangan lokal ini, mengingat pangan lokal sumber karbohidrat non beras yang tersedia di Kab. Kupang keberadaannya masih dilihat sebelah mata,” ungkapnya.

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kupang, . Lely Manafe Menny selaku Ketua Panitia kegiatan dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan refreshing ini demi membina kebersamaan sekaligus mempererat tali persaudaraan bagi kader PKK dan kader Posyandu.

Jamari Benarkan Tahanan Kasus Pencurian Tewas Gantung Diri

Selain itu Kader PKK dan Kader Posyandu dibekali informasi terkait tugas dan peranannya sebagai kader agar dapat melaksanakan tugas pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Lebih lanjut, Lely Manafe, mengatakan,  lewat perlombaan yang ada diharapkan dapat memotivasi kader PKK untuk lebih kreatif dalam mengembangkan menu pangan lokal dengan mengedepankan kandungan nilai gizi sesuai kebutuhan tubuh demi menciptakan keluarga sehat, cerdas, dinamis dan kreatif. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved