KM Mentari Selaras Terbakar di Selat Sumba, Nakoda bersama 17 ABK Selamat, Ini Kondisinya

Kapal motor (KM) Kargo bernama Mentari Selaras terbakar saat berlayar dari pelabuhan Nusantara Waingapu, Kabupaten Sumba Timur tujuan pelabuhan Ende,

KM Mentari Selaras Terbakar di Selat Sumba, Nakoda bersama 17 ABK Selamat, Ini Kondisinya
POS-KUPANG. COM/SAR Waingapu
KM Mentari Selaras saat sedang terbakar. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG. COM | WAINGAPU-Kapal motor (KM) Kargo bernama Mentari Selaras terbakar saat berlayar dari pelabuhan Nusantara Waingapu, Kabupaten Sumba Timur tujuan pelabuhan Ende, Kabupaten Ende, propinsi NTT.

Kapal tersebut terbakar di perairan Sumba atau dengan jarak sekitar 4 NM dari pelabuhan asal Nusantara Waingapu, Sabtu (8/6/2019) sekitar pukul 06.00 Wita.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan SAR Waingapu, Hendri Plaikol menyampaikan itu kepadaPOS-KUPANG.COM, Sabtu (8/6/2019) malam.

Plaikol mengatakan dalam kejadian kebakaran itu tidak ada korban jiwa, ada 18 orang penumpang yakni 17 ABK dan 1 orang Nakoda atas nama Demianus Rorano berhasil diselamatkan.

Kapal Roro Windu Karsa Dwitya Layani Surabaya-Maumere

"Tidak ada korban dalam kejadian itu, semuanya sehat-sehat,"kata Plaikol.

Plaikol juga mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan awal bahwa kejadian kebakaran itu terjadi dengan jarak sekitar 4 NM dari pelabuhan Nusantara, Waingapu.

Kata dia, setelah mendapatkan laporan tersebut, pihaknya langsung Berkoordinasi dengan Unsur SAR Lainnya dan bergerak menuju LKM bersama TNI dari Pos AL Waingapu, dan KSOP Waingapu bersama 1 Unit RIB dan 1 unit kapal  Tug Boat Prima Power 05 untuk memadamkan api dan melakukan evakuasi nahkoda berserta para ABK. Dan sekitar pukul 09.15 Wita api berhasil dipadamkan.

ASN Pemprov NTT Sudah Tahu Ada Sanksi  Jika Tidak Masuk Tanggal 10

Terkait apa penyebabnya sehingga terjadi kebakaran kapal itu, Plaikol mengatakan mereka tidak mengetahui penyebabnya, karena pihaknya fokus dalam Pelaksanaan Evakuadi Korban dan pemadaman api yang di lakukan oleh Tug Boad dan Anggota KSOP Serta di Bantu Oleh ABK KM Mentari Selaras.

"Kalau karena apa kapal sampai terbakar, kita tidak tahu, kita hanya fokus di evakuasi dan pemadaman saja,"ungkapnya. (*)

 

 
 

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved