Program Inovasi Desa Harus Berdampak Bagi Masyarakat

Sebut program inovasi desa merupakan upaya meningkatkan kapasitas desa dalam mengembangkan potensi desa.

Program Inovasi Desa Harus Berdampak Bagi Masyarakat
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Suasana Rakoor Tim Inovasi Kabupaten I Tingkat Kabupaten Nagekeo di Aula Sinar Kasih Mbay, Selasa (28/5/2019). 

POS-KUPANG.COM | MBAY - Sebut program inovasi desa merupakan upaya meningkatkan kapasitas desa dalam mengembangkan potensi desa. Satu upaya pemerintah untuk rencana dan pelaksanaan agar dapat meningkatkan produktivitas masyarakat untuk memiliki daya saing.

Kepala Dinas PMD-P3A Kabupaten Nagekeo, Imanuel Ndun, menjelaskan, dalam penyelenggara kabupaten melibat beberapa pelaku yang terdiri dari Tim Inovasi Kabupaten (TIK), tim Pelaksana Inovasi, pendamping profesional baik Tenaga Ahli, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa yang tergabung dalam satuan kerja P3MD.

BREAKING NEWS: Polisi Akan Tindak Pengendara Motor yang Trek-trekan Saat Malam Takbiran

"Inovasi masing-masing Desa melalui pelaku tugas berperan dan fungsinya dalam menyukseskan Pelaksanaan program pelaksanan inovasi Program desa meliputi beberapa tahap yang diawali dengan rapat koordinasi TIK yang melibatkan unsur terkait. Pelaksanaan koordinasi pembinaan dan pengendalian pelaksana program dalam lingkup PPMD, serta penyebarluasan informasi mengenai program, seluruh tahapan program dan capaian hasil pelaksana termasuk para pelaku implementasi Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentan Desa (UU Desa) dan Masyarakat," jelas Imanuel Ndun, Rabu (29/5/2019).

Wapres Kalla Bongkar Semua yang Dilakukan Prabowo saat Bertemu Dengannya

Imanuel menjelaskan masyarakat yang dimaksud adalah masyarakat penerima manfaat langsung kegiatan program-program tersebut, yakni warga desa khususnya rumah tangga miskin.

Sedangkan para pelaku rogram termasuk instansi pelaksananya kepada para pihak pemangku kepentingan atau lembaga pendukung pelaksana program dari kalangan pemerintah, swasta, lembaga swadaya masyarakat, pendamping dan kader desa.

Ia berharap agar pelaksanaan di Desa dapat berjalan aman dan lancar sesuai rencana. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved