Aksi Demo di Jakarta, Ramses: Publik Apresiasi Kesigapan Aparat Amankan Anarkis

Aksi Demo di Jakarta, Maksimus Ramses Lalongkoe: Publik Apresiasi Kesigapan Aparat Amankan Anarkis

Aksi Demo di Jakarta, Ramses: Publik Apresiasi Kesigapan Aparat Amankan Anarkis
Fb
Maksimus Ramses Lalongkoe

Aksi Demo di Jakarta, Maksimus Ramses Lalongkoe: Publik Apresiasi Kesigapan Aparat Amankan Anarkis

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pengamat Politik, Maksimus Ramses Lalongkoe mengatakan, publik atau masyarakat Indonesia perlu memberikan apresiasi khusus kepada aparat gabungan TNI-Polri dalam mengamankan demonstrasi dan aksi anarkis massa di sejumlah titik di Jakarta. Massa aksi ini mukai turun ke jalan sejak Selasa (21/5/2019) hingga Rabu (22/5/2019).

Ramses menyampaikan hal ini, Kamis (23/5/2019). Menurut Ramses, tugas yang dilakukan aparat TNI dan Polri patut diberi apresiasi dan penghargaan. Pasalnya, aksi yang terjadi di sejumlah di ibu Kota Negara berhasil mengamankan para demonstran.

Ziarah HUT ke-62 Kodam IX/Udayana, Danrem Wirasakti Pesan Selalu Doakan Pahlawan

"Meskipun itu merupakan tugas aparat keamanan tapi publik Indonesia perlu apresiasi khusus buat aparat gabungan TNI-Polri dalam mengamankan aksi demonstrasi dan aksi anarkis massa di sejumlah titik di Jakarta yang menentang hasil pemilihan presiden dan wakil presiden pemilu 2019," kata Ramses.

Dijelaskan, aksi yang terjadi itu antara lain terfokus di Kantor KPU RO dan Bawaslu RI.
Apresiasi khusus ini, lanjut Ramses, mengingat kesigapan aparat gabungan baik TNI maupun Polri dalam mengamankan secara penuh wilayah Jakarta dan sekitarnya saat aksi.

Asprov PSSI Tunjuk Zeth Adoe Tangani PS Kota Kupang di ETMC Malaka

"Apresiasi ini sebetulnya, karena TNI dan polri sangat sigap dalam mengamankan secara penuh wilayah Jakarta dan sekitarnya saat berlangsungnya aksi demonstrasi di KPU dan Bawaslu yang diwarnai dengan kerusahan akibat ulah sejumlah pihak yang ingin mengacaukan keamanan di Jakarta," katanya.

Menurut Dosen Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta ini, aparat telah bekerja dengan sepenuh hati dan berhasil memberi rasa aman bagi warga Jakarta dan masyarakat diberbagai daerah di Indonesia akhir-akhir ini di tengah besarnya polarisasi dukungan masyarakat terhadap calon presiden dan calon wakil presiden.

Untuk itu, Ramses meminta aparat untuk mencari semua dalang intelektual aksi kerusahan saat demo di Jakarta dan memrosesnya sesuai hukum yang berlaku.

"Aparat harus mencari semua dalang intelektual aksi kerusahan saat demo di Jakarta dan memrosesnya sesuai hukum yang berlaku supaya mereka menghargai proses demokrasi tanpa kekerasan," tegasnya.

Ia juga menyarankan kepada pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil perhitungan KPU untuk menempuh jalur hukum sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved