Amien Rais Pastikan Hadir Sebagai Saksi Kasus Makar Eggi Sudjana

Amien Rais, memastikan dirinya akan hadir memenuhi panggilan kedua penyidik Polda Metro Jaya.

Amien Rais Pastikan Hadir Sebagai Saksi Kasus Makar Eggi Sudjana
Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menggelar jumpa pers terkait uang Rp 600 juta yang disebut jaksa KPK berasal dari aliran dana kasus korupsi pengadaan alat kesehatan dengan terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari di kediamannya di Taman Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat (2/6/2017). Dalam keterangan persnya, Amien menyebutkan bahwa kejadian pada Januari hingga Agustus 2007 lalu dia mengaku menerima bantuan dana operasional dari Soetrisno Bachir, mantan Ketua Umum DPP PAN.(KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO) 

Amien Rais Pastikan Hadir Sebagai Saksi Kasus Makar Eggi Sudjana

POS-KUPANG.COM- Anggota Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Amien Rais, memastikan dirinya akan hadir memenuhi panggilan kedua penyidik Polda Metro Jaya.

Ia diagendakan untuk diperiksa sebagai saksi kasus makar dengan tersangka Eggi Sudjana. "Besok (panggilan) kedua saya datang," kata Amien di Polda Metro Jaya, Senin (20/5/2019).

Amien mengatakan, dirinya memiliki kesibukan lain sehingga tidak dapat memenuhi panggilan pertama penyidik. Sedianya, Amien dipanggil untuk dimintai keterangan sebagai saksi hari ini pukul 10.00 WIB.

"Saya sibuk," ujar Amien.

Lieus Sungkharisma Ditangkap Polisi atas Dugaan Penyebaran Hoaks dan Makar

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono sebelumnya mengatakan, pihaknya akan melayangkan surat pemanggilan kedua kepada Amien Rais.

Penyidik telah meminta keterangan mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Mayjen (Purn) Kivlan Zen sebagai saksi kasus makar Eggi, pada Kamis lalu.

Penyidik juga telah memanggil politikus Partai Gerindra, Permadi Satrio Wiwoho atau biasa dikenal Permadi (74), untuk diperiksa sebagai saksi, hari ini.

Eggi ditahan untuk 20 hari ke depan sejak 14 Mei. Keputusan penahanan itu dikeluarkan setelah Eggi menjalani pemeriksaan lebih dari 30 jam.

Ketua KPK, Agus Rahardjo Minta Publik Awasi Kinerja Pansel Pimpinan KPK

Eggi ditetapkan sebagai tersangka makar terkait seruan people power.

Eggi dijerat dengan Pasal 107 KUHP dan/atau Pasal 110 KUHP jo Pasal 87 KUHP dan/atau Pasal 14 Ayat 1 dan Ayat 2 dan/atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Amien Rais Akan Penuhi Panggilan Kedua Polisi sebagai Saksi Kasus Makar Eggi Sudjana", https://megapolitan.kompas.com/read/2019/05/20/22165081/amien-rais-akan-penuhi-panggilan-kedua-polisi-sebagai-saksi-kasus-makar.
Penulis : Rindi Nuris Velarosdela
Editor : Egidius Patnistik

Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved