Pemilu 2019

Ketua Bawaslu TTU Sebut Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Sudah Transparan

Ketua Bawaslu TTU Sebut Pleno Rekapitulasi penghitungan suara sudah transparan

Ketua Bawaslu TTU Sebut Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Sudah Transparan
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Ketua Bawaslu Kabupaten TTU, Martinus Kolo 

Ketua Bawaslu TTU Sebut Pleno Rekapitulasi penghitungan suara sudah transparan

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Ketua KPUD Kabupaten TTU, Paulinus Lape Veka menyebutkan bahwa proses pleno rekapitulasi penghitungan suara baik ditingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten sudah dilakukan secara transparan.

"Karena kami melihat beberapa hari ini, bahwa yang turut menyaksikan pleno bukan saja saksi dari peserta pemilu, tapi juga masyarakat umum juga ikut menyaksikan," ungkap Paulinus kepada Pos Kupang disela-sela skorsing pleno di Bale Binmaffo, Senin (6/5/2019).

Puasa Ramadan, Pemprov NTT dan BPOM Lakukan Sidak Pedagang Takjil

Penyelenggara pemilu, kata Paulinus betul-betul melaksanakan pleno rekapitulasi penghitungan suara secara jujur dan transparan karena semua tahapan telah sesuai dengan asas pemilu.

"Sehingga pleno merupakan proses bersama dan tentunya terhadap segala macam persoalan yang ada diselesaikan secara bersama dengan saksi peserta pemilu dan pengawas," jelasnya.

Terkait dengan partisipasi masyarakat dalam pleno juga sangat diharapkan, karena partisipasi publik dapat membawa pelaksanan pemilu sesuai dengan apa yang diharapkan bersama.

Meningkat, Animo Putra Putri NTT Menjadi Prajurit TNI AL

Ia mengaku, pandangan masyarakat terhadap para penyelenggara pemilu yang tidak jujur itu ada, namun ketika pleno ditingkat kecamatan berjalan, pandangan tersebut semuanya dipatahkan karena pelaksanaan pleno yang transparan.

Sehingga, tambah Paulinus, opini-opini liar yang selama ini berkembang bahwa penyelenggara pemilu melakukan kecurangan ternyata sendirinya dipatahkan dengan proses pleno yang sementara berjalan.

Termasuk kekeliruan teknis, betul masih ditemukan tetapi, kita berusaha untuk membuka bersama dan kemudian secara bersama kita menemukan titik kekeliruannya dimana, sehingga perbaikan dilakukan berdasarkan bukti-bukti yang ada," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten TTU, Martinus Kolo mengatakan pleno rekapitulasi penghitungan suara mulai dari tingkat kecamatan dan kabupaten berjalan secara transparan karena terbuka untuk umum.

"Lalu terkait dengan koreksi mengenai data pemilih, perolehan suara selain pengawas sendiri juga saksi-saksi aktif sekali untuk melihat itu," terangnya.

Menurutnya, jika ditemukan perbedaan data di C1 kecil, maka yang menjari rujukannya pada C1 plano karena C1 kecil merupakan salinan dari C1 plano.

Terpisah, Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes, S.Pt mengatakan, terima kasih kepada masyarakat TTU yang telah berpartisipasi dalam pesta demokrasi baik pilpres maupun pileg yang dilakukan secara langsung, umum, bebas, rahaeia, jujur, adil, transparan, aman dan tertib. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved