Kenali Burung Anis Cendana, Harganya Jutaan Rupiah

Burung Anis Cendana atau burung Kecer Merah merupakan salah satu jenis burung yang hidup dan berkembang di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kenali Burung Anis Cendana, Harganya Jutaan Rupiah
POS-KUPANG.COM/ Laus Markus Goti
Burung Anis Cendana 

Kenali Burung Anis Cendana, Harganya Jutaan Rupiah

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Burung Anis Cendana atau burung Kecer Merah merupakan salah satu jenis burung yang hidup dan berkembang di Provinsi Nusa Tenggara Timur khususnya di daratan Timor sehingga diberi nama Anis Cendana.

Burung ini oleh Kicau Mania atau pecinta burung berkicau sering dipakai untuk mengikuti lomba burung berkicau. Kendati bertubuh kecil harga Anis Cendana bisa mencapai 6 jutaan.

Demikian dijelaskan oleh Ketua Pemina Pelestarian Burung Berkicau Kota Kupang (PPBBK) Sutrisno, ST,. MY kepada POS-KUPANG.COM, di Taman Nostalgia Kota Kupang, di sela kesibukannya memantau lomba burung berkicau, Minggu (28/4/2019).

Paroki Kuwu dan 5 Desa Deklarasikan Paroki dan Desa Inklusi Disabilitas

Ia mengatakan semakin sering dilibatkan dalam lomba burung berkicau semakin tinggi pula nilai jualnya. "Apalagi kalau sampai juara berkali-kali, puluhan juta pun ada orang, pecinta burung berkicau yang mau membeli," ungkapnya.

Ia menjelaskan, berbagai jenis burung yang dilombakan merupakan jenis burung yang tidak dilindungi oleh pemerintah dan populasi masih banyak.

Di Kota Kupang, kata dia pecinta burung berkicau meningkat setiap tahunnya. Hal itu dilihat dari meningkatnya peserta lomba. "lima tahun terakhir ini peserta lombanya mencapai 600san lebih. Padahal awal-awal, pada tahun 2002, pesertanya hanya 150 orang saja," ungkapnya.

Di Kabupaten Ende, Ini yang Dilakukan Aktifis Lingkungan di Bukit Pedja Rodja

Lomba burung berkicau, lanjutnya diadakan secara rutin enam tahun terakhir ini untuk memeriahkan HUT Kota Kupang dan setiap sebulan sekali diadakan oleh PPBBK, bertempat di Taman Nostalgia Kota Kupang.(*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved