BPBD Provinsi NTT Serukan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa dan Tsunami

Simulasi ini diadakan bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Tujuannya, melatih kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana alam, sepert

BPBD Provinsi NTT Serukan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa dan Tsunami
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI.
Ketua Pelaksana BPBD Provinsi NTT, Thomas Bangke saat memberi arahan kepada peserta kegiatan simulasi evakuasi bencana di Pantai Lasiana, Kota Kupang, Jumat (26/4/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur melaksanakan simulasi evakuasi mandiri bencana gempa dan tsunami di Pantai Wisata Lasiana, Kota Kupang, Jumat (26/4/2019).

Simulasi ini diadakan bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Tujuannya, melatih kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana alam, seperti gempa dan tsunami.

Ketua Pelaksana BPBD Provinsi NTT, Thomas Bangke diwawancarai POS-KUPANG.COM, di sela kegiatan simulasi tersebut mengatakan semua kabupaten/kota di NTT secara serentak melaksanakan simulasi evakuasi mandiri bencana gempa dan tsunami.

Laga Reuni 2 Tim Kawakan- Bali United Siap Hadapi Persija di Piala Indonesia

Thomas menegaskan masyarakat perlu mendapat edukasi secara berkesinambungan bagaimana kesiapsiagaan menghadapi bencana. "Kita tidak memang harus gencar mengedukasi masyarakat, hal ini penting untuk mengurangi resiko bencana terutama korban jiwa," ungkapnya.

Lanjutnya, merujuk pada undang-undang nomor 24 tahun 2007, penanganan bencana dilakukan oleh tiga komponen utama yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat.

"Tiga komponen ini harus menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik. Maksudnya, soal penanganan bencana butuh peranan dari ketiga komponen ini," ungkapnya.(*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved