Angka Kerusakan Surat Suara di TTS Tembus Angka 100 Ribu

Jumlah surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, DPRD Provinsi NTT dan anggota DPRD Kabupaten TTS yang rusak

Angka Kerusakan Surat Suara di TTS Tembus Angka 100 Ribu
Pos Kupang.com/Dion Kota
suasana proses sortir dan pelipatan surat suara pemilu 2019 yang berlangsung di GOR Nekmese, Soe. 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com.Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE- Jumlah surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, DPRD Provinsi NTT dan anggota DPRD Kabupaten TTS yang rusak total mencapai 100 ribu lebih. Tetapi untuk jumlah pastinya, juru bicara KPU Kabupaten TTS, Nixon Balla, SH mengaku belum mendapatkan data pastinya.

Ia mengatakan proses sortir dan pelipatan surat suara sudah rampung pada Jumat lalu, dan dilanjutkan dengan sortir dan pelipatan formulir model C.

" Surat suara yang paling banyak rusak itu Surat Suara Pemilihan DPRD Provinsi NTT dan DPR RI. Sedang untuk tiga jenis surat suara lainnya jumlah surat suara yang rusak tidak banyak," ungkap Nixon saat dihubungi pos kupang, Minggu (31/1/2019) pagi melalui sambungan telepon selulerenya.

Barcelona Kalahkan Espanyol Skor 2-0

Perempat Final Liga Champion- Ronaldo Berisiko Absen dalam Laga Ajax vs Juventus

Terkait surat suara penganti surat suara yang rusak, lanjut Nixon, KPU Kabupaten TTS sudah berkoordinasi dengan KPU RI guna pengiriman surat suara penganti. Namun hingga saat ini, Nixon mengaku, belum mengetahui kepastian kapan surat suara pengganti akan dikirimkan oleh rekanan.

Nixon tetap optimis, proses pendistribusian logistik pemilu tidak akan keluar dari jadwal yang sudah ditetapkan KPU Kabupaten TTS.

" Sesuai jadwal, mulai tahun tanggal 6 atau 7 April kita akan mulai mendistribusikan sebagian logistik, khususnya untuk logistik luar kotak suara. Sedangkan untuk kotak suara bersama surat suara dan formulirnya akan mulai didistribusikan pada H-7 me mendatang," ujarnya.

Ketika ditanyakan terkait kesiapan anggota KPPS sendiri, Nixon mengaku, saat ini proses perekrutan anggota KPPS sudah mencapai 98 persen. Dirinya optimis, dalam satu atau dua hari kedepan proses perekrutan anggota KPPS akan tuntas.

Nantinya anggota KPPS akan diberikan buku saku dan juga Bimtek sehari guna penguatan kompetensi anggota KPPS.

" Nantinya anggota KPPS akan dibintangi oleh anggota PPK dan PPS untuk memberikan pemahaman tentang fungsi, tugas dan tanggung jawab anggota KPPS. Ada juga buku saku yang akan kita bagikan kepada anggota KPPS," pungkasnya.

Untuk diketahui, guna melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara, KPU Kabupaten TTS merekrut 225 tenaga lepas yang dibagi ke dalam 10 kelompok. Dalam sehari, satu kelompok mampu melakukan sortir dan lipat hingga 14 dos surat suara, dimana setiap dosnya berisikan 1000 lembar surat suara. Maka, dalam sehari, 10 kelompok mampu melakukan sortir dan lipat surat suara sebanyak 140.000 surat suara.(*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved