Dengan MRT, LRT, dan Transjakarta, Jokowi Harap Warga Tinggalkan Kendaraan Pribadi

Dengan MRT, LRT, dan Transjakarta, Jokowi Harap Warga Tinggalkan Kendaraan Pribadi

Dengan MRT, LRT, dan Transjakarta, Jokowi Harap Warga Tinggalkan Kendaraan Pribadi
KOMPAS.com / Tatang Guritno
Presiden Joko Widodo meresmikan MRT, Minggu (24/3/2019) di Bundaran HI, Jakarta Pusat. 

Dengan MRT, LRT, dan Transjakarta, Jokowi Harap Warga Tinggalkan Kendaraan Pribadi

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo mengatakan, integrasi transportasi umum bertujuan memudahkan mobilitas masyarakat. Harapannya, masyarakat bisa meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan transportasi umum, mulai dari moda raya terpadu ( MRT), light rail transit ( LRT), hingga bus Transjakarta.

Hal ini dia sampaikan usai meresmikan MRT fase I rute Lebak Bulus-Bundaran HI. "Kalau kita integrasikan, masyarakat akan diberi kemudahan-kemudahan untuk datang ke sebuah tempat sehingga meninggalkan motor pribadinya, meninggalkan mobil pribadinya," ujar Jokowi, di kawasan Bundaran HI, Minggu (24/3/2019).

Hari Kedua Kampanye Umum di Sumba Barat Daya Sepih, Begini Pengakuan Pimpinan Partai Koalisi

"Karena lebih nyaman, lebih cepat naik MRT, naik Transjakarta, naik moda LRT yang akan selesai juga," tambah Jokowi.

Jokowi mengatakan, warga yang ingin pergi ke Bandara Soekarno-Hatta juga tidak perlu membawa mobil. Mereka bisa naik MRT dan turun di Dukuh Atas. Kemudian, melanjutkan perjalanan dengan kereta bandara.

Jelang UNBK Siswa SMA Negeri 1 Mauponggo Ikut Kegiatan Kerohanian

Pembangunan LRT Jabodebek, lanjut Jokowi, juga segera selesai untuk menghubungkan Jakarta dengan kota sekitarnya. "Kita ini bicara Jabodetabek. LRT, MRT terintegrasi semuanya," kata dia.

Dalam peresmian MRT, Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja, seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan lainnya.

Hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, dan sejumlah artis seperti Nirina Zubir, Cathy Sharon, Lukman Sardi, hingga Reza Rahadian.

Setelah diresmikan Jokowi, MRT Jakarta akan beroperasi secara non-komersial pada 25-31 Maret 2019.

Penumpang bisa menggunakan moda transportasi ini secara gratis. Meski demikian, penumpang tetap harus membeli tiket mulai tanggal 25 Maret. Namun, saldo pada tiket tak akan terpotong saat melakukan tap-in. Tiket bisa dibeli di vending machine dan sales office di tiap stasiun MRT Jakarta.

Operasi komersial atau berbayar baru akan diberlakukan mulai 1 April 2019. Meski demikian, tarif MRT Jakarta fase 1 hingga kini belum diputuskan. (Kompas.com)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved