Pengiriman Barang Sudah Bisa Teratasi Pasca Bencana

Dua bencama sekaligus yang terjadi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat memberikan dampak yang meluas. Termasuk infrastruktur jalan yang putus

Pengiriman Barang Sudah Bisa Teratasi Pasca Bencana
Pos Kupang.com, Yeni Rachmawaty
Kepala Kantor Posindo Kupang, Sulaiman Amir 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANG -Dua bencama sekaligus yang terjadi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat memberikan dampak yang meluas. Termasuk infrastruktur jalan yang putus pasca terjadi bencana.

Hal ini membuat jasa pengiriman barang seperti Posindo dan Expedisi harus memilih jalur berbeda agar barang bisa cepat sampai di tangan pemiliknya.

Kepala Kantor Posindo Kupang, Sulaiman Amir, kepada POS-KUPANG.COM, mengatakan pengiriman barang dari Kupang tujuan ke Manggarai Raya khusus Manggarai Barat pada saat bencana terjadi tidak bisa disalurkan ke Labuan Bajo.

Oleh karena itu, kata Sulaiman, antisipasi yang dilakukan yaitu mengirim satu unit mobil dari Posindo Kupang menuju Manggarai untuk membantu menyalurkan kiriman secara estafet.

Setelah  LTSA  Pekerja Migran, di Kabupaten Sikka-NTT Dibangun BLKN

"Jadi kriman yang tertahan di Manggarai akan diambil dan distribusikan ke Labuan Bajo karena jalan fisik akses sudah dibuka dan sudah bisa dilalui oleh kendaraan kecil. Bila masih kendaraan kecil maka kiriman yang dibawa dari Ruteng akan ditukar dengan mobil dari kantor pos komodo Labuan Bajo untuk diantar ke Labuan Bajo.

Kalau mobil trek roda enam sudah bisa lewat maka tidak perlu estafet lagi," tuturnya.
Estafet ini, kata Sulaiman, bergantung dari cepat tidaknya membongkar kiriman, bila cepat maka kiriman bisa segera diantar.

"Kami bersyukur kendaraan kecil bisa lewat, karena sementara ini volume kiriman tidak terlalu banyak untuk ke Labuan Bajo sehingga bisa diatasi dengan mobil kecil," ujarnya.

Ia mengatakan usai bencana barang kiriman Posindo sempat tertahan hingga tiga hari. Tapi mobil sudah menuju kw Manggarai sejak Kami untuk bisa segera mendistribusikan barang kiriman.

Diakuinya tidak ada kerugian teekair antisipasi yang diambil. Karena Posindo masih menggunakan jalur regular dari Pos.

Hal senada disampaikan Manager Area Lion Group NTT, Rinus Zebua.
Sampai saat ini tidak dilaporkan terkair kerugian ketika jasa Lion Parsel memgirim barang dengan menggunakan jalur yang berbeda dari biasanya pasca bencana.

"Untuk dampak sudah teratasi, sempat ada kendala untuk pengiriman ke area Ruteng. Tapi dengan sudah bisa di akses jalan trans flores Labuan Bajo - Ruteng, maka semua bisa teratasi," tuturnya.(*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved