Pemerintah Desa Fatusene Konsen Bangun Dibidang Peternakan

setelah menetapkan peternakan menjadi ptodik unggulan, pemerintah desa mengalokasikan dana desa setiap tahunnya untuk mengadakan bibit ternak sapi.

Pemerintah Desa Fatusene Konsen Bangun Dibidang Peternakan
POS KUPANG/THOMAS MBENU NULANGI
Kepala Desa Fatusene, Dionisius Taus. 

Pemerintah Desa Fatusene Konsen Bangun Dibidang Peternakan

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU--Pemerintah Desa Fatusene saat ini tengah konsen membangun dibidang peternakan. Pasalnya, setelah melalui suatu kajian, pemerintah desa setempat menetapkan peternakan menjadi salah satu produk unggulan dari desa tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Fatusene, Dionisius Taus kepada Pos Kupang di ruang kerjannya, Kamis (14/3/2019).

Dionisius mengatakan, setelah menetapkan peternakan menjadi ptodik unggulan, pemerintah desa mengalokasikan dana desa setiap tahunnya untuk mengadakan bibit ternak sapi.

Dionisius menjelaskan, sejak tahun 2017, pihaknya mengalokasikan dana desa untuk pengadaan 30 ekor sapi bibit. Sementara pada tahun 2018 sebanyak 60 ekor dan pada 2019 sebanyak 39 ekor.

"Dan rencananya juga tahun ini kita pengadaan sapi paron sebanyak 128 ekor melalui dana desa juga untuk dibagikan kepada masyarakat," jelasnya.

Bedah Rumah Heronimus di Malaka Hampir Rampung

Terkait Ditangkapnya Mucikari Prostitusi Online, LPA Apresiasi Respon Cepat Polisi

SMPK Giovanni Kupang Persiapkan Siswa Hadapi UNBK

Saat ini, tambah Dionisius, jumlah populasi ternak sapi yang ada di Desa Fatusene diperkirakan mencapai kurang lebih 1.000 ekor. Karena selain pengadaan dari pemerintah desa, masyarakat sudah memiliki sapinya sendiri.

"Jadi dasarnya memang sudah ada, satu KK dia sudah punya tiga atau empat ekor sapi. Sehingga kalau ditambah dengan pengadaan dari pemerintah dan dikali dengan jumlah 128 KK kemungkinan besar mendekati 1.000 ekor," terangnya.

Dijelaskannya, program unggulan dari Desa Fatusene adalah dibidang peternakan. Program unggulan tersebut disepakati setelah pemerintah desa bersama dengan BPD dan masyarakat melakukan kajian terhadap seluruh potensi yang ada desa Fatusene.

Hari Ini, Diprediksi Badai Matahari akan Terjang Bumi, Bagaimana Dampaknya? Yuk Simak!

"Karena pakan ternak itu mendukung sekali. Dari jumlah kepala keluarga yang ada di desa Fatusene sebanyak 128 kk itu, rata-rata perkebunan memiliki pakan ternak yang cukup sehingga dasar itu kita jadikan peternakan sebagai program unggulan," terangnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved