WNA di Nagekeo Sudah Dicoret dari DPT

Seorang Warga Negara Asing (WNA) yang berdomisili di Kabupaten Nagekeo sudah dicoret dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh pihak KPU Nagekeo.

WNA di Nagekeo Sudah Dicoret dari DPT
KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN
Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (9/7). 

WNA di Nagekeo Sudah Dicoret dari DPT

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Seorang Warga Negara Asing (WNA) yang berdomisili di Kabupaten Nagekeo sudah dicoret dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh pihak KPU Nagekeo.

Komisioner KPU Nagekeo, Mikhael Angelo Mali, kepada POS KUPANG.COM, membenarkan bahwa WNA asal Polandia tersebut sudah dicoret dari dalam DPT.

Ia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bawaslu terkait WNA yang masuk dalam DPT dan semuanya sudah clear bahwa nama itu sudah Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

"WNA itu merupakan seorang rohaniwan yang berdomisili di Roe dan memiliki KTP Nagekeo. Kita sudah clearkan. Bahwa Tidak Memenuhi Syarat (TMS)," ujar Mikhael, Rabu (13/3/2019) malam.

Ia mengatakan terkait kepimilikan KTP Nagekeo itu bukan wewenangnya KPU.

Santri Ponpes Walisanga Ende Tolak Provokasi Yang Mengancam NKRI

17 SMP di Mabar Ikut UNBK, Termasuk Dua Sekolah Negeri

TNI dan Masyarakat Gotong Royong Perbaiki Jalan Penghubung Desa di Belu

Peduli Bencana Mabar, Mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng Lakukan Aksi Kasih dan Solidaritas

Inilah Jumlah Personel yang Dikerahkan KPU Kota Kupang untuk Sortir Surat Suara

"Itu memang berdasarkan data dari petugas coklit. Kita sudah clearkan. Dia memang WNA dan tidak memiliki hak pilih," ujar Mikhael.

Ia mengatakan sebelum-sebelumnya juga WNA tersebut tidak pernah ikut memilih atau belum pernah menggunakan hak suara saat Pemilu di Nagekeo.

Terpisah Komisioner Bawaslu Nagekeo, Yohanes Nane, mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan klarifikasi terhadap yang bersangkutan.

"Kami sudah klarifikasi tanggal 7 Maret 2019 dan benar bahwa memiliki KTP Nagekeo. Kami sudah diskusi dengan KPU agar itu TMS," ujarnya.

Berdasarkan data yang diperoleh POS-KUPANG.COM, rohaniwan tersebut merupakan Warga Negara Asing yaitu Polandia yang mengabdi di Nagekeo sebagai seorang Pastor.

Dalam foto copy KTP yang diterima POS-KUPANG.COM, menyebutkan nama lengkap yang bersangkutan adalah Gruca Tadeusz Andrzej.

Anda Wajib Tempuh 7 Tips Praktis Ini Agar Hati, Ginjal, dan Kandung Kemih Tetap Sehat

Identitas Tiga Pengusaha Kakap yang Terlibat Kasus Vanessa Angel Akan Dibongkar Mucikari

Yuk Intip! Nama 14 Artis yang Berulang Tahun di Tanggal 14 Maret 2019 Hari ini

Tempat tanggal lahir, Klepaczka 18 September 1933.

Alamat sesuai KTP Roe, RT/RW 008/000 Desa Ngegedhawe Kecamatan Aesesa. Warga Negara Polandia dan berlaku hingga 7 Juli 2021.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved