Hari Ini Idrus Marham Diberi Kesempatan Memberi Keterangan Seluas-luasnya Kepada Hakim

Hari Ini Idrus Marham Diberi Kesempatan Memberi Keterangan Seluas-luasnya Kepada hakim

Hari Ini Idrus Marham Diberi Kesempatan Memberi Keterangan Seluas-luasnya Kepada Hakim
KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN
Mantan Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (15/1/2019). 

Hari Ini Idrus Marham Diberi Kesempatan Memberi Keterangan Seluas-luasnya Kepada hakim

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham akan menjalani sidang pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Sidang ini merupakan kesempatan bagi Idrus untuk memberikan keterangan seluas-luasnya kepada majelis hakim. Dalam kasus ini, Idrus didakwa menerima suap Rp 2,250 miliar dari Johannes Budisutrisno Kotjo.

Pernikahan Reino Barack Disebut Kontroversi, Syahrini: Saya Single dan Dia Single, Apa Salahnya?

Mantan Menteri Sosial itu didakwa melakukan perbuatan bersama-sama dengan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih.

Menurut jaksa, pemberian uang tersebut diduga agar Eni membantu Johannes Budisutrisno Kotjo selaku pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited mendapatkan proyek Independent Power Producer (IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang (PLTU) Riau 1.

Christine Hakim Geram Ketika Pernikahan Reino Barack dan Syahrini Disebut Kontroversi, Ini Pesannya

Proyek tersebut rencananya akan dikerjakan PT Pembangkitan Jawa Bali Investasi (PT PJBI), Blackgold Natural Resources dan China Huadian Engineering Company Ltd yang dibawa oleh Kotjo.

Awalnya, Kotjo meminta bantuan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto agar dapat dipertemukan dengan pihak PLN.

Kemudian, Novanto mempertemukan Kotjo dengan Eni yang merupakan anggota Fraksi Golkar yang duduk di Komisi VII DPR, yang membidangi energi.

Selanjutnya, Eni beberapa kali mengadakan pertemuan antara Kotjo dan pihak-pihak terkait, termasuk Direktur Utama PLN Sofyan Basir.

Hal itu dilakukan Eni untuk membantu Kotjo mendapatkan proyek PLTU. Setelah sidang pemeriksaan terdakwa selesai, giliran jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyampaikan tuntutan pidana terhadap Idrus. (Kompas.com)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved