Jelang Raya Nyepi, Umat Hindu Kupang Persiapkan Penjor Untuk Lomba

Penjor yang dibuat itu selain untuk keperluan upacara, namun juga dibuat untuk dilombakan dalam rangka perayaan hari raya Nyepi 2019.

Jelang Raya Nyepi, Umat Hindu Kupang Persiapkan Penjor Untuk Lomba
POS KUPANG/RYAN NONG
Aktivitas pengerjaan Penjor untuk persiapan perayaan Nyepi di Pura Agung Giri Kertha Bhuwana Kolhua Kota Kupang, Selasa (5/3/2019). 

Jelang Raya Nyepi, Umat Hindu Kupang Persiapkan Penjor Untuk Lomba

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Umat Hindu di Kota Kupang mempersiapkan Penjor dalam rangka merayakan dan memeriahkan pelaksanaan hari raya Nyepi tahun 2019. Persiapan ini dilakukan umat yang terbagi dalam tempekan-tempekan yang tersebar di Banjar Kota Kupang.

Pantauan POS-KUPANG.COM di Pura Agung Giri Kertha Bhuwana yang terletak di Kelurahan Kolhua Kota Kupang, puluhan umat yang terdiri dari laki-laki berkelompok menurut tempekan sibuk membuat Penjor dan berbagai hiasan.

Penjor yang dibuat itu selain untuk keperluan upacara, namun juga dibuat untuk dilombakan dalam rangka perayaan hari raya Nyepi 2019.

Tampak ada yang sibuk membuat hiasan untuk melilit batang bambu, ada juga yang sibuk membuat hiasan dari kelapa pucuk kelapa.

Teenager: Aku Kok Sering Sesak Nafas, Oh Ternyata Separuh Nafasku Ada di Kamu

Yayasan Ardhya Garini Selenggarakan Angkasa Expo 2019

Sidang Ratna Sarumpaet, Sebelum Sidang Lanjutan Pembacaan Eksepsi, Ratna Sempat Sakit Demam

Anda Ingin Bepergian ke Ende Menggunakan Kapal Pelni ? Ini Jadwalnya

Ngurah Eka (45), seorang umat yang berasal dari tempekan Kopeta yang meliputi wilayah sekitar Bandar Udara El Tari Penfui mengatakan, mereka membuat Penjor untuk dilombakan dalam rangka merayakan hari raya Nyepi 2019.

Penjor-penjor tersebut, lanjutnya, akan dipasang di Bundaran PU Kelurahan Tuak Daun Merah Kota Kupang pada Selasa (5/3/2019) sore.

Ia menjelaskan, selain lomba,mereka juga mempersiapkan diri untuk upacara mencaru yang akan dilaksanakan pada Rabu (6/3/2019).

Ratusan Umat Hindu Kota Kupang Gelar Upacara Caru di Pura Oebanantha Oeba

Pasca Praktik, Siswa Lakukan Pemanenan Silase Umur 7 Hari di SMK-PP Negeri Kupang

Kadis Sosial Kupang : Jika Dipotong Lapor Polisi

Selain pengerjaan Penjor, umat Hindu Kota Kupang juga mempersiapkan ogoh-ogoh yang akan menjadi bagian dari perayaan mencaru. Ogoh Ogoh, lanjut Ngurah, dibuat di dua lokasi yakni di SPN Polda NTT dan di rumah ketua PHDI, Wayan Wira Susena yang terletak di Liliba, Kota Kupang.  (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved