Berita Kabupaten TTS Terkini

Ini Gebrakan SMPK Sint Vianney Soe Ujian Gunakan HP Android ! Ini Kelebihannya

selama ini anggaran pembelian kertas dan foto copy untuk pelaksanaan ujian di sekolah menelan anggaran yang tidak sedikit. Untuk sekolah dengan

Ini Gebrakan SMPK Sint Vianney Soe  Ujian Gunakan HP Android !  Ini Kelebihannya
Pos Kupang.com/Dion Kota
Foto bersama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Edison Sipa sedang melakukan foto bersama dengan para guru SMPK Sint Vianney Soe dan SMA Negeri 1 Soe usai kegiatan pembukaan musyawarah guru mata pelajaran 

 Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE – Melangkah di awal tahun 2019 SMPK Sint Vianney Soe membuat gebrakan baru dalam pelaksanaan ujian di sekolah. Jika di sekolah-sekolah lain masih menggunakan media kertas dan pulpen‎ dalam pelaksanaan ujiannya, maka SMPK Sint Vianney Soe sudah mulai bergerak meninggalkan hal tersebut.

Handphone (Hp) Android menjadi media baru dalam pelaksanaan ujian di sekolah‎. Selain lebih praktis, dengan menggunakan Hp Android akan menghemat anggaran untuk kertas, foto copy dan juga akan membantu menyelesaikan masalah sampah kertas pasca ujian.

Untuk menyukses progam terbaru tersebut, Pada Kamis ( 10/1/2019) dilaksanakan kegiatan ‎musyawarah guru mata pelajaran SMPK Sint Vianney yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Edison Sipa.

Dalam kegiatan ini, SMPK Sint Vianney Soe bekerjasama dengan para guru dari SMA Negeri 1 Soe sebagai

Instruktur untuk membimbing para guru dalam menyiapkan sistem, aplikasi dan jaringan guna pelaksanaan ujian dengan menggunakan Hp Android.

Edison ditemui usai membuka kegiatan musyawarah guru mata pelajaran mengaku, mendukung dan mengapresiasi pelaksanaan ujian dengan menggunakan Hp Android.

Menurutnya, selama ini anggaran pembelian kertas dan foto copy untuk pelaksanaan ujian di sekolah menelan anggaran yang tidak sedikit. Untuk sekolah dengan jumlah murid 400 hingga 500 siswa, dalam satu kali pelaksanaan ujian bisa menelan anggaran hingga 50 juta.

Oleh sebab itu, penggunaan Hp Android menjadi solusi untuk menekan anggaran pelaksanaan ujian sekolah bisa membantu mengurangi masalah sampah di Kota Soe.

" Ini terobosan yang sangat bagus. Kita akan tularkan ke sekolah -sekolah lain di dalam kota Soe agar juga bisa menerapkan program serupa. Ini jauh lebih menghemat anggaran dan lebih simple jika dibandingkan ujian dengan menggunakan kertas dan pulpen," ungkap pria berkaca mata ini.

Kita ditanyakan penggunaan Hp Android akan memberatkan para siswa karena biaya untuk membeli Hp Android yang cukup mahal, Edison mengatakan, solusinya bisa menggunakan dana BOS.

Ruang Kerja Sekda dan Wabup Kupang Alami Kebocoran ! Ini Penjelasan Kabag Umum

Istri Sedang  Mencuci  Pakaian! Dipukul Suami hinnga Masuk  Baskom Cucian

Dana BOS bisa digunakan sekolah untuk membeli HP Android yang selanjutnya bisa digunakan untuk pelaksanaan ujian.

" Paling mahal dibeli awal saja. Selanjutnya sudah gratis. Hpnya menjadi inventaris sekolah yang hanya digunakan untuk memperlancar pelaksanaan ujian," ujarnya.
Kepala SMPK Sint Vianney Soe, Romo Johannes A. Tnomel mengatakan, penggunaan

HP Android dalam pelaksanaan ujian akan dimulai saat try out II kelas IX pada Januari ini. Setelah itu, pelaksanaan ujian tengah semester juga akan menggunakan HP Android. Untuk menyukseskan terobosan ini, pihak sekolah akan menggelar rapat bersama para orang tua untuk membantu kelancaran pelaksanaan ujian dengan menggunakan Hp Android ini.

" Untuk tahap awal, kita coba pada siswa-siswi kelas IX ketika pelaksanaan try out. Kita optimis dengan terobosan ini, tidak hanya membantu para siswa dalam pelaksanaan ujian saja, tetapi juga membantu para guru dalam menyusun dan menyiapkan naskah ujian. Selain tentunya membantu sekolah dalam menekan anggaran untuk ujian," tegasnya. (*)‎

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved