Breaking News:

Berita Ekonomi Bisnis

PLTMG Rangko Membuat Listrik di Labuan Bajo Standar Dunia

Dengan hadirnya PLTMG Rangko ini kelistrikan Labuan sudah sangat baik sehingga tidak perlu khawatir soal listrik, listrik standar dunia

Penulis: Hermina Pello | Editor: Hermina Pello
TRIBUNNEWS/RIA ANATASIA
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar saat mengunjungi PLTMG Flores, Jumat 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM | KUPANG-Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar saat kunjungi PLTMG Flores, Jumat (4/1/2019) mengatakan, hadirnya PLTMG Rangko ini kelistrikan Labuan sudah sangat baik sehingga tidak perlu khawatir soal listrik

"Apalagi kalau perekonomian makin tumbuh, silakan datang berinventasi, PLN siap untuk membantu," katanya dalam rilis yang diterima dari Manajer Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTT, Sulistyodi Nikolaus, Jumat (4/1/2019).

Saat ini kondisi sistem kelistrikan di Labuan Bajo berstandar kelas dunia dengan adanya Pekerjaan Pembangunan Jaringan MVTIC Sepanjang 35,649 kms, Pembangunan Jaringan A3CS dan Rekonduktoring sepanjang 30 kms, pekerjaan uprating Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 32 kms, rehab 52 unit gardu, jaringan tegangan rendah, pembangunan GH Gorontalo dan Lembor dan nantinya pengadaan mini SCADA Labuan Bajo.

Bunda Bayimu Ngeces? Jangan Khawatir Ini Manfaatnya Jika Bayimu Ngeces, Baik Untuk Kesehatanya Loh

Mengaku Pejabat Polda Jatim, Oknum Ini Berhasil Menipu Manajer Artis VA Rp 20 Juta

Ia mengatakan setiap pembangunan untuk sejahterakan masyarakat dan dari segi kelistrikan di Labuan Bajo dari laporan cadangan daya sudah diatas 20 persen.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara PT Pertamina (Persero), Djoko R Abumanan mengatakan, daya mampu pembangkit pada sistem Flores juga sudah mencapai 35.998 kW dimana PLTMG Rangko 23.448 kW sudah beroperasi Juli lalu, kemudian dari PLTP Ulumbu 9.000 kW ini sudah interkoneksi sistem Flores, sedangkan untuk PLTD Golobilas 3.000kW , PLTD Waso 450 kW, dan 100kW PLTMH Wae Garit saat ini off dan standby apabila diperlukan.

Mau Dapat Tas Tenun Ikat Cantik Dipadu Kulit? Ayo Kunjungi Citra Buana

Kondisi beban puncak sistem Manggarai (Labuan Bajo dan Ruteng) saat ini 18,9 MW dan sistem kelistrikan memiliki surplus daya hingga 47,9 persen.

Dari sisi JTM sepanjang 187 kms , lalu Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 166 kms, 3 gardu induk di Ruteng, Ulumbu, dan Labuan Bajo dengan kapasitas 1x30 MVA dan Gardu sebanyak 143 buah, PLN sudah melayani 19.157 pelanggan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved